Penting! Paksa Bekerja Sambil Berdiri Demi Kesehatan

berdiri sehat

Tahukah Anda bahwa terlalu lama duduk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit seperti obesitas, meningkatnya resiko terkena penyakit jantung, meningkatnya resiko terkena kanker dan tekanan darah tinggi adalah penyakit-penyakit yang dapat muncul jika Anda terlalu lama duduk.

berdiri sehat

(Sumber image: pixabaycom)

Bekerja di depan komputer membuat Anda secara tidak langsung menghabiskan sebagian besar waktu Anda di kantor dengan duduk. Namun bukan berarti Anda tidak dapat merubah kebiasaan Anda tersebut.

Baca juga: Terlalu Banyak Duduk Sebabkan Gangguan Otot

Para peneliti di Inggris, seperti ditulis oleh hrmasiacom, menyarankan para pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di depan komputer untuk berdiri ataupun melakukan latihan ringan setidaknya selama dua jam dalam satu hari. Seiring berjalannya waktu maka porsi berdiri dan melakukan latihan ringan bisa ditambah hingga empat jam dalam seharinya.

Untuk meraih target ini, para peneliti menyarankan para pekerja untuk mempergunakan meja kerja yang bisa dipergunakan sambil berdiri, mempergunakan meja kerja yang bisa dipergunakan sambil duduk ataupun berdiri atau beristirahat sejenak untuk berdiri dan berjalan-jalan.

Baca juga: Hindari Sakit Punggung dengan Postur Duduk yang Benar

Berdasarkan hasil penelitian beberapa tahun terakhir, gaya hidup masa kini dapat mengarahkan seseorang menderita penyakit seperti obesitas, jantung, kanker bahkan kematian pada usia muda. Para peneliti juga menyarankan untuk menghindari berdiri statis, dalam artian berdiri namun tidak melakukan apa-apa.

Hal tersebut sama berbahayanya dengan terlalu banyak duduk. Selain itu memperbaiki postur duduk ataupun berjalan-jalan sebentar dapat menurunkan kemungkinan sakit punggung dan kelelahan.

Para peneliti juga mengharapkan perusahaan dapat mendorong para pekerjanya untuk menampilkan perilaku yang sehat. Contohnya seperti mengurangi konsumsi alkohol, merokok, mengkonsumsi makanan bergizi, dan berusaha untuk tidak stress. Perusahaan juga harus mengingatkan para pekerjanya untuk tidak terlalu banyak duduk, baik itu di kantor maupun di rumah. (*)

Tags: , , , , , , , , ,