Paw-ternity Leave, Kebijakan Apalagi Ini?

paw-ternity-leave

Maternity leave bisa jadi sudah familiar terdengar di telinga. Lantas bagaimana halnya dengan ‘paw-ternity leave?’ Bagi yang baru pertama kali mendengarnya, paw-ternity leave merupakan kebijakan yang diberikan oleh perusahaan bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan. Selayaknya maternity leave, paw-ternity leave memberikan pekerja kesempatan untuk menjaga dan merawat bayi hewan peliharaan mereka.

paw-ternity-leave

Sonia Bell, spokeperson ANZ, misalnya, belum lama ini mengungkapkan bahwa setiap pekerja di kantornya dapat meminta fleksibilitas dalam berbagai hal, termasuk paw-ternity leave. ANZ telah menerima tiga permintaan paw-ternity leave berdasarkan dasar-dasar yang sudah ditetapkan. Tidak hanya di Australia, pekerja di Inggris pun merasakan kebijakan ini.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Petplan, salah satu perusahaan asuransi hewan peliharaan, hampir 20 pemilik binatang mendapatkan paw-ternity leave dari perusahaan tempat mereka bekerja. Paw-ternity leave bisa diambil secara mingguan ataupun bulanan bergantung pada hewan yang dimiliki pekerja.

“Bagi pekerja kami, fleksibilitas adalah mengenai dukungan bagi orang lain untuk mendapatkan hasil yang baik dengan cara yang memungkinkan. Salah satunya adalah menyeimbangkan komitmen kerja dengan aktivitas pribadi mereka,” ungkap Bell. (*)