Mengejutkan! 3 dari 4 Pekerja ‘Hanya’ Bangun Jika Ingin ke Toilet!

bahaya-duduk

Apakah Anda hanya bangkit dari duduk Anda ketika Anda ingin ke toilet ataupun membuat kopi? Jika jawabannya ya, maka mulai sekarang Anda harus merubah kebiasaan Anda.

bahaya-duduk

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Plantronics, salah satu firma audio communication di Inggris, tiga perempat pekerja yang menjadi responden mereka ‘hanya’ bangkit dari duduknya ketika mereka ingin ke toilet ataupun membuat kopi atau teh. Seperti yang dikutip dari The DailyMail, sebagian besar responden menyatakan bahwa mereka ‘terlalu sibuk’ untuk bangkit dari duduknya.

Baca juga: Awas! Terlalu Banyak Duduk, Bisa Sebabkan Gangguan Otot

Sebanyak 1 dari 5 responden mengaku bahwa mereka tidak akan bangkit dari duduknya jika tidak ada telepon. Padahal seorang pekerja setidaknya harus bangkit dari duduknya 3 kali setiap harinya dan hanya duduk selama 4 jam berturut-turut.

Baca juga: Hindari Sakit Punggung dengan Postur Duduk yang Benar

Sebanyak 7 dari 10 pekerja yang menjadi responden mengatakan bahwa mereka mengalami gangguan pada fisik hingga emosi dikarenakan terlalu lama duduk. Sebagian besar juga mengakui bahwa mereka mengalami kenaikan berat badan atau tidak memiliki waktu untuk berolahraga karena terlalu banyak duduk.

Menurut Steven Ward, selaku Executive Director Ukactive, lingkungan kerja seperti ini membahayakan kesehatan bagi jutaan pekerja Inggris. Ia menekankan, “Kita semua tahu bahwa untuk bangkit dari kursi kerja memang sulit, terlebih lagi ketika deadline mendekat. Namun hasil studi ini menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut haruslah segera diubah.” (*)