Keberagaman Gender Karyawan Untungkan Perusahaan

gallup

gender diversity 1

Pria dan wanita memiliki sudut pandang yang berbeda, begitu juga dengan ide-ide, wawasannya, ataupun solusi untuk memecahkan masalah. Ternyata keberagaman gender ini penting di tempat kerja mana pun. Bukan hanya penting karena alasan mulia, namun keberagaman tersebut dapat menguatkan pondasi bisnis perusahaan.

Buktinya, sebuah studi Gallup baru-baru ini menemukan bahwa mempekerjakan tenaga kerja dengan beragam gender dapat meningkatkan keuntungan keuangan perusahaan.

Penelitian ini melibatkan 800 unit usaha dari 2 perusahaan yang mewakili 2 industri yang berbeda, yaitu bisnis ritel dan perhotelan. Dan Gallup menemukan bahwa unit bisnis yang memiliki keragaman gender memiliki hasil keuangan yang lebih baik daripada yang didominasi oleh satu jenis kelamin.

Unit bisnis yang memiliki keberagaman gender di perusahaan ritel memiliki pendapatan rata-rata 14% lebih tinggi dibandingkan unit bisnis yang kurang beragam (5,24% vs 4,58%).

Unit bisnis yang memiliki keberagaman gender di perusahaan perhotelan menunjukkan rata-rata laba bersihnya sebesar 19% lebih tinggi (16.296 US dollar vs 13.702 US dollar) dari unit usaha yang kurang beragam.

Apalagi jika mereka terlibat kuat (engaged) dalam pekerjaaan, profit perusahaan meningkat drastis. Unit bisnis perhotelan yang gender diversity-nya terlibat penuh memiliki keuntungan 58% lebih tinggi dibandingkan unit usaha yang kurang terlibat. Sementara di bisnis ritel, 46% lebih tinggi dibandingkan yang tidak engaged.

gallup

Keuntungan Dari Tim Beragam Gender

Selanjutnya penelitian menunjukkan bahwa tim yang berisikan gender diversity yang lebih banyak berforma lebih baik ketimbang tim tunggal gender, hal itu disebabkan:

1. Pria dan wanita memiliki sudut pandang yang berbeda, ide-ide dan wawasan market, yang memungkinkan menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik, dan pada akhirnya kinerja yang unggul di unit bisnisnya.

2. Keberagaman gender menyediakan kemudahan akses ke beberapa sumber daya, seperti sumber informasi dan pengetahuan.

3. Keberagaman tenaga kerja memudahkan perusahaan melayani basis pelanggan yang semakin beragam.

4. Perusahaan yang memiliki keberagaman gender lebih menarik wanita-wanta berbakat. Tak bisa dipungkiri, bahwa jumlah tenaga kerja perempuan lebih banyak di tempat kerja di seluruh dunia. Ada sekitar 50% tenaga kerja wanita potensial yang kompetitif di ekonomi global saat ini.

Apa yang Harus Dilakukan?

Temuan ini membuktikan bahwa unit bisnis yang memiliki keragaman gender yang lebih banyak dan lebih terlibat akan lebih unggul dibanding yang tidak. Untuk itu, manajer tidak hanya perlu meningkatkan keragaman gender dalam setiap unit bisnis namun juga menciptakan tempat kerja yang bisa melibatkan semua karyawan. Bangunlah sebuah hubungan yang terbuka, saling percaya dan mendukung antar masing-masing rekan kerja dan atasan. Hal ini akan menumbuhkan ide-ide inovatif yang dapat mendorong kemajuan perusahaan.

Berikut ini 4 hal yang bisa dilakukan pemimpin bisnis:

1. Mengidentifikasi unit bisnis yang kurang memiliki keberagaman gender

2. Mengembangkan strategi perekrutan yang meningkatkan keragaman gender dalam setiap unit usaha.

3. Ciptakan sebuah budaya yang memungkinkan pria dan wanita menjadi saling percaya, dan motivasi mereka untuk berforma unggul.

4. Tetapkan tujuan inklusif, dan libatkan para manajer Anda dalam keberagaman tersebut untuk turut bertanggung jawab meningkatkan performa karyawan diversity.

Tags: