Bekerja di Rumah Lebih Membuat Stress

Jika Anda merasa stress, berpikirlah dua kali sebelum menyalahkan pekerjaan Anda. Menurut studi yang yang dilakukan Penn State, ditemukan bahwa pria maupun wanita memiliki tingkatan stress yang lebih rendah ketika di kantor dibandingkan dengan di rumah.

Studi ini dilakukan terhadap 122 orang Amerika yang dipilih secara acak dengan usia di atas 18 tahun. Tingkatan stress diukur melalui level kortisol, dimana level kortisol menentukan tingkat stress seseorang.

“Terdapat banyak penelitian yang menyatakan bahwa bekerja merupakan hal baik bagi seseorang individu. Mereka yang bekerja akan memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja,” ungkap Sarah Damaske, selaku professor di Penn State.

Baca juga: Tingkat Stress Karyawan Meningkat

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bekerja dari rumah membuat stress lebih tinggi dibandingkan dengan bekerja di kantor:

1. Bekerja di kantor membuat individu merasa puas. Penelitian menunjukan bahwa wanita dari berbagai macam posisi di kantor, akan merasa puas jika melakukan pekerjaan merekadi kantor dengan maksimal.

2. Bekerja di kantor akan membuat seseorang lebih dihargai oleh orang-orang di sekitarnya. Individu akan merasa dihargai jika mereka bekerja di kantor.

3. Bekerja dari rumah akan cenderung monoton dan terus mengulang. Ketika Anda menyelesaikan pekerjaan di kantor maka Anda akan selesai dengan hal itu dan dapat ditinggalkan. Sedangkan jika Anda di rumah, selesai Anda bekerja maka Anda akan dihantui dengan cucian baju ataupun cucian piring.

“Hal besar yang ditemukan dari penelitian ini tidak hanya sekedar level kortisol sebagai indikator stress, melainkan bahwa orang-orang akan lebih stress pada hari kerja dibandingkan dengan hari libur,” ungkap Damaske. “Bekerja di rumah mungkin memang terdengar lebih baik, namun bekerja sambil mengurus keluarga pada saat yang bersamaan akan membuat stress,” tambahnya.

Baca juga: Tips Agar Stress Tidak Mempengaruhi Produktivitas Anda

Tags: , ,