Next Fund dari L’Oreal: membayar karyawan untuk kembangkan ide

Membantu karyawan untuk berwirausaha mampu meningkatkan keterikatan dan diingat oleh mereka. Hal ini diungkapkan oleh Isabelle Minneci, HR Director L’Oreal.

Minneci sedang menjalankan program Next Fund, dimana program ini menawarkan sokongan dana pada karyawan sebesar 100.000 poundsterling untuk mengembangkan ide yang terkait dengan kemajuan perusahaan. Menurut Minneci, hal ini dapat meningkatkan kemampuan inovasi dan kelanjutan inovasi tersebut.

“Sepertiga pekerja di Inggris memiliki keinginan untuk bekerja pada perusahaan yang mendorong kemampuan berinovasi dan berwirausaha,” ungkap Minneci. “Kami melihat hasil yang baik dari proyek ini. Terkadang ide yang disampaikan para karyawan berkaitan dengan permasalahan lingkungan, dan hal ini merupakan keuntungan bagi perusahaan kita.“

Baca juga: 3 Hal agar Perusahaan Sukses Berinovasi

Minneci tahu bahwa banyak karyawan yang ingin mengembangkan usaha mereka dengan membuka cabang baru setelah mendapatkan sokongan dana dari Next Fund, namun ia tidak menganggap hal ini sebagai resiko.

Minneci menganggapnya sebagai kesempatan yang perlu diambil. Minneci mengungkapkan bahwa jika karyawan mereka ingin mengikuti kemauan mereka, maka perusahaan akan tetap menyokong di belakangnya.

“Selalu ada kesempatan dimana orang-orang berbakat yang kami miliki pergi,” ungkapnya. Banyak peneliti yang mengemukakan bahwa resiko ini diperbesar karena keuntungannya lebih banyak didapatkan oleh para karyawan. Namun Minneci tidak pesimis.

Menurutnya, jika seseorang telah melakukan hal baik bagi lingkungan sekitarnya, maka Anda harus merasa bangga bisa menjadi bagian dari lingkungan tersebut.

Penilaian dan feedback atas program ini sangat dipantau dengan baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari para karyawan yang merasa menyesal karena gagal mendapatkan sokongan dana. Minneci kemudian menambahkan bahwa jika perusahaan tidak memberikan penilaian ataupun feedback yang baik atas usulan yang disampaikan para karyawan, bukan berarti perusahaan tidak menghargai mereka. Namun perusahaan dapat memberikan penilaian dan feedback untuk membuat idenya jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Banyak pemimpin hebat yang saya tahu kerap kali mengalami kegagalan. Namun jika kita memperbaiki pemahaman orang lain untuk tidak takut mencoba dan gagal, maka kita akan mendapatkan keuntungan dari inovasi dan mengetahui potensi orang lain yang tidak ketahui,” tambah Minneci.

Baca juga: Jiwa Kewirausahaan Karyawan Diperlukan untuk Inovasi

Tags: , ,