Mengapa Bekerja di Luar Kantor Membuat Karyawan Lebih Komit?

Bila Anda ditanya, siapa kira-kira yang lebih menyatu dan lebih berkomitmen dengan pekerjaannya, apakah :

A. Pekerja yang bekerja di kantor, atau

B. Pekerja remote atau di luar kantor

Jika Anda menjawab opsi A, Anda akan kaget karena ada perusahaan investasi yang telah melakukan survey malah mendapatkan jawaban B. Begitulah laporan yang dilansir dari Harvard Business Review Blog Network.

Nyatanya, anggota tim yang tidak berada di lokasi yang sama dengan pemimpinnya ternyata malah akan lebih menyatu, berkomitmen dengan pekerjaan, bahkan mereka menilai pemimpinnya lebih tinggi daripada anggota tim yang duduk dekat dengan pemimpinnya. Memang perbedaannya tidak begitu banyak, namun cukup untuk memprovokasi beberapa spekulasi menarik bagaimana hal ini bisa terjadi.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

Kedekatan Membuat Individu Enggan Berusaha

Banyak pemimpin yang duduk di kantor bersamaan dengan anggota timnya, tetapi tidak memiliki waktu yang berkualitas untuk bertatap muka langsung dengan anggota timnya. Bahkan mereka menggunakan email sebagai komunikasi utama padahal mereka duduk berdekatan lebih kurang dari 50 kaki. Lebih buruk lagi, pemimpin yang hanya bersebelahan ruangan dengan karyawannya, malah jarang bertatap muka langsung, karena mereka menganggap hal itu mudah untuk dilakukan.

Ketidakhadiran Justru Membuat Orang Berusaha Lebih Keras Untuk Tetap Terhubung

Jika kita mengatur sebuah tim profesional di 9 lokasi yang berbeda, kita akan berusaha menghubungi mereka melalui telepon paling tidak seminggu sekali atau bahkan sering. Kebanyakan pemimpin akan membuat usaha lebih untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang jarang mereka temui. Mereka menilai, membicarakan apa yang sedang terjadi pada  masing-masing anggota tim selama beberapa menit sebelum memberikan tugas, akan membantu dalam menjaga koneksi dengan koleganya. Itu artinya semakin mereka sulit bertemu semakin mereka lebih berkonsentrasi saat pertemuan terjadi.

Pemimpin Dari Tim Virtual Dapat Memanfaatkan Teknologi Dengan Lebih Baik.

Karena pemimpin dari tim jarak jauh harus bisa menggunakan videoconference, instant messaging, email, voicemail dan telepon untuk berkomunikasi, mereka menjadi ahli dalam beberapa bentuk komunikasi. Hal ini menjadi kelebihan kepemimpinan mereka di mana pemimpin tradisional tidak bisa secara cepat beradaptasi dengan teknologi-teknologi tersebut.

Pemimpin Tim Jarak Jauh Dapat Lebih Baik Dalam Memaksimalkan Waktu Dengan Timnya.

Karena butuh usaha ekstra dalam mengumpulkan timnya, maka pemimpin jenis ini secara alami lebih bisa memanfaatkan waktu secara maksimal ketika berkumpul dengan timnya. Mereka bisa lebih fokus kepada pekerjaan saat berkumpul bersama, mereka juga bisa menghabiskan waktu lebih dalam bekerja bersama-sama. Lihat saja, aktivitas seperti sosialisasi saat launching produk, makan malam dan aktivitas lainnya menjadi lebih berharga. Fokus yang seperti ini susah ditiru dari hari ke hari.

Walau begitu, indikator di atas tidak menyimpulkan bahwa bekerja jarak jauh lebih baik daripada datang ke kantor, atau tim virtual lebih baik daripada tim tradisional. Namun hal ini menunjukkan bahwa seseorang yang bekerja di ruangan yang sama dengan pemimpinnya seharusnya memiliki komunikasi yang lebih efektif dibanding tim yang bekerja jarak jauh. Ironisnya, malah hal sebaliknya yang terjadi.

Tags: ,