Menangkan War of Talent Melalui Employer Branding

Pambudi Citibank

Beberapa perubahan akan dan sedang terjadi saat ini, mulai dari ekonomi Indonesia yang akan menjadi salah satu yang terkuat di dunia, hingga perubahan talent Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan bisnis, setiap perusahaan akan semakin membutuhkan banyak talent.

Selain itu, perubahan juga terjadi pada perilaku talent. Salah satunya, talent mulai tidak menerima kompensasi apa adanya dan lebih mudah berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya yang menawarkan opportunity lebih baik.

Setidaknya itulah yang dituturkan Pambudi Sunarsihanto, HR Director Citibank Indonesia. Hal ini diutarakannya dalam acara HR Gathering 2013 yang mengusung tema Employer Branding: Strengthening Your Company Competitiveness di Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, hari ini (12/9/2013).

Melihat gejala-gejala ini Citibank berinisiatif mengembangkan employer branding. “Jika kita menawarkan kepada talent gaji yang tinggi, kompetitor kami saya rasa juga dapat menawarkan hal yang sama. Namun di Citibank kami memberikan hal lainnya selain finansial yang baik juga kesempatan untuk berkembang dan belajar,” ucap Pambudi.

Talent yang masuk ke Citibank  ditawarkan value proposition yang tidak hanya semata berpatok pada compensation & benefit saja, namun hal lain seperti rewards & recognition, quality of life, career & personal growth.

Dalam konteks bisnis, employer branding yang diterapkan secara baik pada perusahaan, akan mengarah pada long term profitability. Hal ini karena karyawan yang menghasilkan profit dalam perusahaan akan termotivasi dalam bekerja, dan hal ini kemudian mengarah pada meningkatkan customer satisfaction dan long term profitability.

“Jika perusahaan dapat memanage karyawannya dengan baik, maka the good people will stay and the bad people will improve,” imbuh Pambudi.

“Bagi perusahaan yang ingin menerapkan employee branding harus dapat menjalankannya secara konsisten. karena dengan begitu word of mouth dari karyawan mengenai hal positif dari perusahaan dapat berjalan,” pungkasnya. (*/@shinnyislamiyah)

Tags: , ,