Mayoritas Pekerja Mengalami ‘Kecelakaan’ di Hari Pertama Bekerja

first-day-work

Apakah kantor Anda bersiap-siap ketika menyambut ‘newbie’? Tahukah Anda, ternyata sebanyak 54% pekerja mengalami ‘kecelakaan’ pada hari pertama mereka bekerja. Bukan kecelakaan seperti tabrakan kendaraan bermotor, namun kecelakaan seperti tidak berfungsinya komputer yang dimiliki, atau tidak disediakannya stationary.

first-day-work

Baca juga: Menyelamatkan Karyawan di Hari Pertama Kerja

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh OfficeTeam, ‘kecelakaan’ yang biasanya terjadi adalah komputer yang tidak berfungsi (33%%), tidak tersedianya stationary (22%), tidak diberikan penjelasan mengenai kebijakan perusahaan (16%), tidak diperkenalkan dengan pekerja lainnya (15%), dan tidak diberikan tour di kantor (14%). Meskipun begitu, sebanyak 46% responden menyatakan bahwa mereka tidak mengalami hal tersebut pada saat pertama kali bekerja.

Para HR Manager juga ditanyai bagaimana pendapatnya mengenai efektivitas kantor dalam menyambut newbie di kantor mereka. Sebanyak 50% menjawab sangat efektif, 42% menjawab cukup efektif, 6% menjawab tidak efektif dan 2% menjawab sangat tidak efektif.

Baca juga: 7 Tips Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Menurut Robert Hosking, selaku Executive Director OfficeTeam, banyak perusahaan terlalu fokus pada pemberian informasi seputar pekerjaan mereka namun melupakan kebutuhan dasar para pekerja. Misalnya seperti mengecek bahwa tempat kerjanya sudah siap untuk dipergunakan ataukah belum. “Setiap hal yang dialami oleh pekerja baru akan memberikan kesan baginya. Pastikan bahwa segalanya berjalan mulus untuk memberikan kesan yang baik baginya,” ungkap Hosking.

Mulai saat ini, persiapkan dengan baik jika Anda akan menyambut pekerja baru di kantor. Pastikan bahwa segalanya berjalan dengan mulus sehingga dapat meninggalkan kesan yang baik dan cukup mendalam baginya. (*)