London Kota Paling Favorit untuk Bekerja

Riset yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) berkerja sama dengan totaljobs.com tentang kota paling diminati oleh jobseeker di seluruh dunia, membuahkan satu hasil yang cukup kontradiktif.

London yang merupakan kota dengan biaya hidup termahal di dunia, justru didapuk menjadi kota yang paling favorit bagi para pencari kerja. Dalam survei yang melibatkan 200 ribu pencari kerja di 189 negara tersebut, didapatkan hasil bahwa setidaknya satu dari enam responden menyatakan bahwa mereka ingin bekerja di London.

Besarnya animo pencari kerja, membuat London menduduki posisi teratas di jajaran negara paling diminati untuk bekerja, mengalahkan New York dan Paris di posisi kedua dan ketiga.

Di sisi lain, London pada dasarnya adalah kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Dalam dunia bisnis sendiri, London tahun ini telah mengalahkan Hongkong sebagai kota dengan biaya termahal untuk penempatan karyawan. Bahkan harga properti di kota tersebut telah meningkat sebear 18.4 persen dari tahun lalu.

Lalu apa yang membuat London menjadi kota idaman para pencari kerja? Menurut Mike Booker dari totaljobs.com, London menjadi incaran bukan hanya karena London menawarkan peluang kerja yang dengan upah yang baik tetapi juga merupakan kota yang dihiasi dengan beragam kebudayaan yang menarik. Dengan atraksi tersebut, tidak mengherankan jika semua orang ingin hijrah ke London untuk bekerja. Popularitas London pun berpengaruh lebih luas hingga lingkup negara. Inggris menjadi negara dengan peminat kerja terbanyak, menyusul Amerika Serikat dan Kanada.

Dalam survey tersebut, dikemukakan juga temuan bahwa dua per tiga responden di luar Inggris, mengaku ingin pindah bekerja di negara lain. Sedangkan orang Inggris sendiri ketika ditanya pertanyaan yang sama, tak lebih dari setengahnya menyatakan ingin pindah kerja ke luar negeri.

Sumber: The Telegraph

Baca: 80% Perusahaan di London Menerapkan teleworking selama Olimpiade

Tags: ,