Ups, 70% Pekerja Lupa dengan Materi Training!

pelatihan

Training (pelatihan) merupakan salah satu lahan bagi pekerja untuk belajar. Mempelajari hal baru, misalnya seperti Training HR for Non-HR, ataupun memperdalam hal yang sudah dipahami seperti Advance Excel. Untuk menjalankan training memang dibutuhkan banyak usaha. Mulai dari menganalisis kebutuhan, uang dan waktu. Namun usaha ini akan sia-sia jika ternyata para pekerja tidak ingat materi apa saja yang mereka pelajari saat training.

pelatihan

(Credit image: Pixabay.com)

GetBridge.com, salah satu media belajar online bagi para pekerja, melakukan survey terhadap lebih dari 1000 pekerja Amerika Serikat. Survey yang dilakukan ini bertujuan untuk mengukur apa yang diingat dan dilupakan dari training. Hampir semua perusahaan memberikan training bagi para pekerjanya namun ternyata tidak semua pekerja mengingat apa yang mereka pelajari saat training. Nyatanya, 70% partisipan mengakui bahwa mereka bahkan lupa dengan materi yang diajarkan dalam training hanya dalam jangka waktu 24 jam.

Jangan salahkan pekerja Anda terlebih dahulu. Para pekerja ini sebenarnya sudah berusaha untuk mengingat materi yang sudah mereka pelajari saat training. Namun sayangnya, metode yang mereka pergunakan tidaklah tepat. Kurang dari separuh partisipan survey mengakui mereka menggunakan pengingat dan sticky notes untuk tetap mengingat materi training. Hanya 9% di antaranya yang akan membuka modul training lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan harus memberikan jalan bagaimana cara yang efektif bagi pekerja untuk tetap mengingat materi training. Sebanyak 72% pekerja menyatakan bahwa mereka akan terbantu jika dikirimi email pengingat seputar topik yang dibahas saat training. Selain itu, durasi training yang terlalu jauh pun membuat pekerja melupakan materi training yang sebelumnya. Sepertinya perusahaan harus lebih banyak bergerak agar para pekerja tidak melupakan materi training yang sudah diberikan ya. Sesederhana mengingatkan melalui email ternyata sudah cukup bagi pekerja untuk mengingat training yang sudah mereka lakukan sebelumnya. (*)