Mengukur Efektivitas Implementasi KM ala PLN

Setelah knowledge management diaplikasikan dalam organisasi tentunya tingkat kematangan organisasi dalam menerapkan knowledge management (KM) perlu diukur. Salah satunya seperti yang dilakukan PLN, yang dipresentasikan dalam acara presentasi para finalis MAKE Award yang diselenggarakan kemarin (26/6) di Jakarta.

“PLN memiliki banyak unit di seluruh Indonesia, tentunya harus dilihat apakah program KM yang dijalankan sudah terimplementasi dengan baik atau belum. Ibaratnya jangan sampai kami berlari namun tidak ada garis finish-nya atau sebenarnya selama ini berlari namun hanya di situ-situ saja,” demikian disampaikan oleh Ipung Purwomarwanto, Manajer Senior Manajemen Pengetahuan & Pengembangan Kompetensi PT PLN (Persero) dalam sesi tanya jawab Make Award Finalist Presentation yang diselenggarakan Dunamis tersebut.

Lebih lanjut Ipung menjelaskan, “Kami memberikan template kepada tim pembinaan knowledge yang telah ditunjuk di masing-masing unit untuk mengukur dan melihat  seperti apakah program KM yang PLN miliki, apakah sudah dijalankan, dan sifatnya masih insidentil atau terjadwal.”

Skala yang diberikan pada template adalah 1-5. Jika program yang dijalankan di unit sifatnya masih insidentil nilainya adalah 1. Jika sudah terjadwal, nilainya 2. Jika sudah terdapat mekanismenya, yaitu knowledge sharing yang dijalankan selain terjadwal, terdapat tata cara pelaksanaannya, waktunya, dan cara memilih topik, akan diberikan nilai 3. “Yang tertinggi adalah yang berada dalam skala 5, berarti kegiatan KM di unit tersebut telah menjadi benchmarking,” ucap Ipung.

Pengukuran yang dilakukan sejak tahun 2013 ini, menghasilkan temuan bahwa terdapat 50 persen unit yang sudah melakukan pada skala 3, bahkan hingga 5, dan sebagiannya lagi implementasi KM-nya di bawah skala 3. “Bagi unit yang berada di bawah skala 3, kami akan memfasilitasi dan melakukan asistensi, agar implementasi KM unit mereka lebih baik, tidak ketinggalan dari unit lainnya,” pungkas Ipung. (*/@shinnyislamiyah)

Tags: , ,