KM Ala Semen Indonesia, Dimulai dari Kegiatan Informal

Mengusung budaya continuous learning, yaitu budaya sharing dan belajar, itulah resep Semen Indonesia menyukseskan implementasi Knowledge Management (KM). Perusahaan BUMN yang merupakan hasil konsolidasi antara Semen Gresik, Padang dan Tonasa ini sejak tahun 1995 sudah menggerakkan kegiatan KM dengan tujuan mengelola pengetahuan yang merupakan aset ber-value tinggi di perusahaan. Demikian diungkapkan Wedo Wiroaji, General Manager Human Capital Department PT Semen Gresik dalam presentasi finalis MAKE Award beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Wedo mengungkapkan kegiatan knowledge management yang dilakukan oleh mereka, sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 1990. Menurutnya kegiatan KM tidak harus berangkat dari sesuatu yang formal, namun berangkat dari kegiatan informal, salah satunya communities of interest. Kegiatan ini akan menuju  sharing knowledge, hingga menjadi sebuah keputusan. “Contohnya kami memiliki berbagai komunitas berdasarkan hobi di sini,” ungkap Wedo.

Wedo melanjutkan, “Salah satunya adalah komunitas sepeda. Suatu saat, ketika komunitas kami sedang menyusuri suatu lahan, di situ terjadi pertukaran pendapat dan ide bahwa lahan tersebut dapat didayagunakan  dan kemudian ide tersebut tertuang dalam keputusan direksi.”

Lebih lanjut Wedo menceritakan bahwa kegiatan knowledge sharing digerakkan oleh PT Semen Indonesia baik secara offline dan online. Secara offline,  PT Semen Indonesia rutin melaksanakan sharing edukasi kepada pekerjanya di pabrik. Kemudian secara online PT Semen Indonesia memiliki portal knowledge management dan portal Innovation Management System (IMS), yaitu sebuah portal untuk memfasilitasi agar karyawan dapat dengan mudah melihat inovasi apa saja yang telah dilakukan dan mengaplikasikan dalam pekerjaannya.

PT Semen Indonesia juga mengapresiasi kegiatan knowledge management yang terjadi melalui Innovation Awards. “Kegiatan inovasi merupakan salah satu key performance indicator dalam perusahaan ini, “ ungkap Wedo.

Keseriusan penggarapan kegiatan knowledge management di PT Semen Indonesia akan terus diwujudkan dengan berdirinya Center of Champs pada tanggal 7 Agustus 2013 nanti dengan Center of Training dan Center of Knowledge Management sebagai bagian dari hal tersebut. (*/@shinnyislamiyah)

Tags: , ,