HR Harus “Ngaca” Dulu sebelum Buat Planning

Sebelum menyusun HR Planning, pimpinan HR perlu menjawab sejumlah pertanyaan mendasar. Ibaratnya, orang HR harus “ngaca” dulu apakah sudah memenuhi sejumlah prasyarat yang diperlukan sebelum menyusun sebuah program HR yang mampu membawa perusahaan ke arah sukses.
“Pertama harus dilihat dulu, perusahaan kita ada di mana?” ujar Direktur HR Bosowa Group Cahyo Winarto saat tampil sebagai salah seorang narasumber acara Human Resource Expo 2007 yang digelar oleh Intipesan di Hotel Sangri-La, Jakarta, Selasa (11/12/07).
Mantan Direktur HR Astra Credit Company itu menekankan, sebelum melangkah lebih jauh dalam penyusunan perencanaan program-program, HR harus memastikan di manakah posisi kepentingan HR dalam perusahaan.
“Kata kuncinya ada tiga, Profit, Process, People apakah perusahaan kita masih hanya memikirkan profit saja, atau sudah sampai pada tahap yang mementingkan proses-proses, atau CEO-nya sudah care dengan people?” rinci alumnus Jurusan Manajemen UI tersebut.
Cahyo punya istilah yang bagus. “CEO-nya doyan orang apa nggak?” Menurut dia, jika CEO tidak memiliki komitmen dan kepedulian terhadap faktor SDM, maka percuma saja bagi HR untuk menyusun program-program perencanaan pengembangan human capital. “Hanya akan buang-buang waktu,” tandas dia.
Setelah memastikan tingkat kepentingan HR dalam perusahaan dan faktor komitmen dari CEO, tak kalah penting Cahyo mengingatkan bahwa orang HR harus mengetahui peran dirinya sendiri ada di level mana.
Cahyo merujuk pada empat kuadran yang diajukan oleh Dave Ulrich dalam buku HR Champion. “Orang HR harus tahu di mana perannya, apakah sekedar sebagai Employee Champion, atau Admin Expert atau sudah bisa menjadi Change Agent, syukur-syukur kalau sudah pada tingkat Strategic Partner,” papar dia.
Selanjutnya Cahyo Winarto menyarankan konsep dan tahapan penyusunan HR Planning sebagai berikut:
1. Pelajari dan pahami business strategy
2. Tentukan peran HR
3. Selaraskan HR dengan strategi (bisnis)
4. Membuat strategi HR itu sendiri (misi, isi dan tujuan HR)
5. Membuat kebijakan HR dalam satu tahun
6. Distribusikan tujuan-tujuan kepada semua karyawan
7. Reviewing
Human Resource Expo 2007 berlangsung hingga Rabu (12/12/07).