Dunamis Foundation Kembangkan Leadership Skill Siswa

Dunamis Foundation bersama Putera Sampoerna Foundation menandatangani kerja sama untuk melakukan training pengembangan kepemimpinan berdasarkan program 7 Habits of Highly Effective People pada Selasa, 12 Oktober lalu. Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut ditandatangani oleh Andiral Purnomo (Ketua Pengurus Dunamis Foundation) dan Eddy Henry (Education Programs Director Putera Sampoerna Foundation).
Berdiri sejak 1991, Dunamis merupakan mitra berlisensi dari Franklin Covey sebuah organisasi global yang memberikan pelatihan di bidang pengembangan kepemimpinan dan eksekusi. Dengan adanya kesamaan misi dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF), Yayasan Dunamis sepakat untuk memberikan pelatihan “The 7 Habits of Highly Effective People” sebuah program pendampingan bagi tim Value Guardian Sampoerna Academy.
Selain pelatihan “The 7 Habits of Highly Effective People”, tim Value Guardian Sampoerna Academy akan diikutsertakan dalam program sertifikasi Dunamis melalui Train The Trainer untuk pelatihan “The 7 Habits of Highly Effective People” dan “The Leader in Me (Vision & Implementation Day”). Setelah mendapat sertifikasi ini, tim Value Guardian Sampoerna Academy diharapkan mampu memberikan pelatihan kepemimpinan kepada guru, karyawan, serta siswa Sampoerna Academy di SMAN Palembang dan SMA 10 Malang secara berkelanjutan.
“Menganut moto ’Learn Today, Lead Tomorrow’, Sampoerna Academy membentuk karakter calon pemimpin masa depan Indonesia yang kompeten, berwawasan global dan memiliki kepedulian tinggi dalam membangun komunitasnya,” ungkap Education Programs Director PSF, Eddy Henry. Sementara itu, Ketua Dunamis Foundation Andiral Purnomo menambahkan, kerja sama dengan PSF bertujuan untuk mengembangkan leadership skill siswa sekolah sejalan dengan misi Dunamis untuk terus memberikan kontribusi bagi perkembangan kepemimpinan di Indonesia, sehingga menghasilkan kualitas individu yang unggul.
Yayasan Dunamis bersama PSF menyiapkan tiga tahapan utama dalam pelatihan dan program sertifikasi ini, yang dimulai sejak Oktober 2010 hingga Juni 2011. Tahap pertama, Yayasan Dunamis akan memberikan pelatihan dan pengembangan tim Value Guardian dari Sampoerna Academy serta penyediaan buku dan perangkat pembelajaran guru.
Pada tahap kedua akan dilaksanakan persiapan dan penyelarasan sistem, kurikulum, dan sarana pendidikan berbasis kepemimpinan bagi guru dan karyawan sekolah Sampoerna Academy yang akan dilakukan oleh tim Value Guardian Sampoerna Academy didampingi oleh perwakilan dari Yayasan Dunamis.
Tahapan terakhir adalah pelaksanaan pengajaran materi ajar berbasis kurikulum “The 7 Habits of Highly Effective Teens” kepada siswa Sampoerna Academy yang akan dilakukan oleh para guru yang telah menyelesaikan program sertifikasi Train The Trainer dengan menggunakan panduan siswa (student guide) asli yang disediakan oleh Yayasan Dunamis untuk setiap anak didik.