Corporate University Menjadi Katalis Dalam Organisasi

Jonathan Donner

Menumbuhkan kebudayaan belajar atau learning culture di dalam perusahaan membutuhkan bantuan semua pihak. Terutama peran manajer dalam mengembangkan skill karyawannya. “Manajer mempunyai kekuatan untuk membentuk karyawan. Untuk itu mentoring, coaching, dan motivasi adalah hal yang wajib dijalankan,” ujar Jonathan Donner, VP HR Global learning & Capability Development, Unilever Asia Pacific.

Dalam seminar 3rd Asia Corporate University yang berlangsung hari Kamis yang lalu (21/3), Donner membagikan insight tentang Corporate University. Menurutnya saat ingin menerapkan konsep learning, para manajer jangan takut dengan respon yang akan mereka terima. “Siapa yang akan merespon tidak begitu penting, tetapi tumbuhkan culture-nya terlebih dahulu,” ujarnya.

Donner menyampaikan ada 3 aspek sebelum perusahaan ingin membangun sebuah Corporate University. Yang pertama adalah aspek business, education dan society. Menurutnya sebelum organisasi membuat CorpU, mereka harus tahu dulu apa yang dibutuhkan organisasi. Ketiga aspek tadi menjadi tolak ukur seberapa pentingnya membangun CorpU bagi perusahaan.

Sedangkan di dalam kubu Unilever sendiri, Corporate University bukan menjadi target perusahaan melainkan katalis di dalam organisasi. Donner yakin leadership skill yang dimiliki beberapa orang saja di dalam sebuah perusahaan bisa menular ke semua karyawan yang mau berubah. Melalui corporate university tadi, sifat leadership akan menjadi general skill dalam perusahaan. Oleh sebab itu, Donner yakin CorpU dapat mempercepat lajur pembelajaran ke arah yang diinginkan perusahaan.

Yang menarik, misi dari unilever dalam membangun CorpU bukan untuk menjadi perusahaan yang terdepan, namun berhasil menciptakan respected leadership institution di dunia global. Keberhasilan sebuah corporate university dapat dilihat dari dampak yang telah dirasakan oleh perusahaan. “Bukan hanya pencapaian KPI perorangan namun juga impact dari hasil pembelajaran tersebut bagi perusahaan,” ujarnya.

Donner membagi 4 tahapan keberhasilan CorpU, yang pertama apakah learning mencapai perform, achieve, change dan terakhir established. Seberapa sukses tim dalam membangun CorpU, yang terpenting menurut Donner adalah aspek manusianya. ”Learning yang benar adalah touch our employee,” tutup Donner. (*/@nurulmelisa)

 

Tags: ,