Butuh 2-3 Jam Pelajari Hal Baru dalam Pekerjaan

Ketika menjadi karyawan baru, umumnya seseorang akan diberikan orientasi oleh HRD atau atasannya langsung (direct user). Tidak hanya bertujuan mengenalkan aplikasi dari teori yang dikuasai berdasarkan background karyawan tersebut, tapi juga sistem kerja atau SOP (standard operating procedure) yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Dalam upaya pengembangan diri maupun kebutuhan perusahaan, akan muncul hal-hal baru yang memungkinan karyawan mendapat tugas baru. Baik karyawan baru maupun karyawan lama yang mendapatkan tugas baru akan dihadapkan dengan berbagai tantangan dan diharapkan mereka mampu menguasainya dengan cepat. Keduanya membutuhkan serangkaian proses belajar yang perlu dijalani dengan ketekunan. Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran ini?

Portal HR melakukan survei kepada 20 orang dari latar belakang yang berbeda-beda, melalui beberapa media sosial. Pertanyaan yang dilemparkan adalah: “berapa jam waktu yang diperlukan untuk mempelajari hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan?” Dari 20 responden, 50% di antaranya menjawab butuh waktu 2 – 3 jam, 40% butuh 4 – 5 jam dan 10% sisanya lebih dari 5 jam.

“Tergantung dari jenis pekerjaannya, kalau masih sesuai dengan bidang pekerjaan yang digeluti pasti akan lebih cepat menguasai. Sekitar dua sampai tiga jam sudah cukup untuk bisa melakukan hal baru tersebut. Tapi untuk benar-benar menguasai butuh jam terbang lebih dari hitungan jam,” ungkap Wenny, karyawan sebuah bank swasta di Jakarta.

Responden yang menjawab butuh waktu kurang dari empat jam mengatakan bahwa tidak perlu waktu terlalu panjang untuk mempelajari hal baru apabila dilakukan dengan fokus, ketekunan dan keterbukaan terhadap hal-hal yang kurang dimengerti. “Catat semua pada saat pertama kali diinformasikan dan jangan segan-segan untuk menanyakan hal yang belum dipahami,” tutur Wenny.

Lain halnya dengan seseorang yang bidang pekerjaannya tidak sesuai dengan background pendidikan. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk memahami pekerjaan tersebut. Lima dari dua puluh responden adalah karyawan yang jenis pekerjaannya tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Empat di antaranya mengatakan perlu waktu 4-5 jam karena mereka butuh pengetahuan teori sebelum mempelajari teknis pekerjaannya. Sementara itu, satu responden mengaku butuh waktu lebih dari lima jam untuk bisa menguasai hal baru.

“Latar belakang pendidikan saya adalah ekonomi. Ketika saya mendapat kesempatan untuk bekerja di bidang teknik di sebuah perusahaan telekomunikasi, saya ingin mencobanya. Untuk bisa mempelajari cara kerjanya, saya butuh waktu sekitar 4-5 jam yang intensif. Tapi tetap saja saya membutuhkan bimbingan setiap hari dari rekan yang sudah menguasai, dan itu memakan waktu kurang lebih dua minggu sampai saya bisa bekerja sendiri tanpa bimbingan,” aku Juniar, karyawan perusahaan telekomunikasi swasta di Jakarta.–  Nani Maria Dewi