5 Ide ‘Gila” Team Building yang Harus Anda Coba

helm-240673_640

Anda ingin melakukan team building? Sekedar melakukan outbound mungkin sudah dirasa cukup bagi Anda untuk membangun tim Anda. Namun bagaimana jika Anda menengok beberapa ide team building yang ‘beda’, bahkan sedikit terdengar ‘gila’.

helm-240673_640

Inc Magazine, seperti yang dilansir dari HRMAsia, memberikan 5 (lima) ide ‘gila’ yang bisa Anda coba bagi team building Anda. Tidak hanya sekedar membangun bonding dalam tim, namun pengalaman berbeda bisa dirasakan oleh Anda dan tim Anda. Apa saja ide ‘gila’ tersebut? Simak pemaparannya berikut ini.

1. War on Talent

Audi, Tennant Company dan salah satu divisi di IBM merupakan perusahaan yang memberikan para pekerjanya untuk mengendarai tank militer. Bahkan ketika seorang kandidat bertanya, “Pengalaman baru apa yang akan saya dapatkan jika bergabung dengan perusahaan Anda?” Perusahaan tersebut akan menjawab, “Kami akan membiarkan Anda mengendarai sebuah tank,” dan hal tersebut akan benar-benar dirasakan oleh mereka.

2. Let’s Get Physical!

Aktivitas outdoor biasanya menjadi hal yang wajib dilakukan ketika melakukan team building. Namun aktivitas outdoor seperti apa yang Anda lakukan? Anda bisa mencuri ide dari TransferWise. TransferWise, salah satu perusahaan start-up di London, mengirim para pekerjanya untuk berkemah selama tiga hari di Estonia. Apa saja yang mereka lakukan? Lomba lari di lumpur, terbang melalui zipline dan lompat dari menara setinggi 33 kaki adalah aktivitas yang mereka lakukan.

Baca juga: Outbond yang Baik Harus Menghasilkan Peak Adventure

3. Can You Work in a Team?

Para pekerja di BambooHR menunjukkan apa saja yang mereka butuhkan dalam tim ketika mereka terlibat dalam permainan Human Foosball. Dalam permainan tersebut, mereka menyadari betapa pentingnya hubungan yang kuat antar pekerja. Aktivitas ini mereka lakukan dalam kegiatan berkemah mereka di Utah, Amerika Serikat.

4. Who’s the Princess in the Company?

Anda mungkin tidak terbiasa melihat rekan Anda tanpa pakaian formal mereka. Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi bagi Adcade, perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di New York City, dalam melakukan team building.

Adcade membangun suasana pada abad ke 11 dengan menyewa King’s Suite yang disulap ke zaman Medieval Times. Kegiatan yang dilakukan yakni, melakukan permainan ala zaman tersebut seperting berperang dengan pedang dan tombak, makan malam ala kerajaan dan sebagainya.

5. Overcoming Obstacle

Lain dengan Adcade, lain lagi juga dengan Clearlink. Clearlink memiliki acara yang dinamakan America Week. Dalam acara tersebut para pekerjanya diberikan kesempatan untuk mengikuti kontes makan hot dog, kompetisi dodgeball dan latihan menghindari halangan. Menurut Josh Harris, selaku Sales Director Clearlink, acara tersebut memberikan pekerjanya kesempatan untuk beristirahat dan bersenang-senang dengan pekerjan lainnya sambil memperdalam relasi mereka dengan rekan kerjanya. (*)