11 Organisasi Berbasis Pengetahuan Paling Dikagumi di Indonesia

Apa yang dilakukan oleh Toyota Astra Motor, Unilever Indonesia dan United Tractors sehingga mereka termasuk dalam 11 organisasi yang layak disebut sebagai organisasi berbasis pengetahuan paling dikagumi?

Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study – studi untuk mencari organisasi berbasis pengetahuan paling dikagumi di Indonesia telah berakhir. Para panelis sepakat, perusahaan paling mengagumkan dalam pengelolaan pengetahuannya adalah Toyota Astra Motor, Unilever Indonesia dan United Tractors.

Berikut ini adalah 11 organisasi yang terpilih sebagai pemenang 2011 Indonesian MAKE:

1.         PT Toyota Astra Motor

2.         PT Unilever Indonesia, Tbk

3.         PT United Tractors, Tbk

4.         PT Bank Central Asia, Tbk

5.         PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

6.         Binus University

7.         PT Medco Energi Internasional, Tbk

8.         PT Pertamina (Persero)

9.         PT Telekomunikasi Seluler

10.       PT Tigaraksa Satria, Tbk

11.        PT XL Axiata, Tbk

Sebagai pemenang dengan nilai teratas dalam 2011 Indonesian MAKE Study, maka Toyota Astra Motor, Unilever Indonesia dan United Tractors secara otomatis menjadi finalis 2010 Asian MAKE Study. Pengumuman pemenang 2011 Asian MAKE Study akan dilaksanakan bulan Oktober 2011 di Seoul, Korea Selatan dalam ajang tahunan bertajuk World Knowledge Forum.

Menurut Satyo Fatwan, Chairman 2011 Indonesian MAKE Study, para pemenang MAKE Study tahun ini merupakan organisasi-organisasi yang telah berhasil mengembangkan dan mengoptimalkan knowledge yang mereka miliki sehingga mampu meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan.

“Tiga organisasi yang menduduki posisi top three winners dinilai oleh para panelis yang paling berhasil dalam pengelolaan pengetahuan di organisasinya,” ujarnya.

Satyo menambahkan Toyota Astra Motor misalnya, mereka berhasil menciptakan dan mempertahankan lingkungan berbagi pengetahuan dalam organisasi dan memanfaatkan berbagai tools dan strategi untuk pengelolaanya. Toyota Astra Motor juga berhasil membentuk budaya pengetahuan yang ‘cantik’ melalui Toyota Winning Concept yang di-convert menjadi Catur Dharma dan sukses diterapkan diseluruh sistem organisasi.

Sementara itu, Unilever Indonesia yang untuk ke-enam kalinya berhasil menjadi top three winners dalam Indonesian MAKE Study dinilai sangat berhasil dalam program-program pengembangan karyawannya yang didukung oleh top manajemen sehingga mampu membangun karyawannya menjadi para knowledge worker.

“Selain itu, Unilever Indonesia juga berhasil mengelola pengetahuan para pelanggannya, mulai dari sisi suplier, distributor hingga konsumen akhir untuk memperkuat modal intelektual organisasi,” tambah Satyo.

Sedangkan United Tractors, masih menurut Satyo, yang untuk kedua kalinya masuk dalam tiga besar Indonesian MAKE Study, berhasil mengembangkan dan mengelola nilai-nilai core values dan perilaku yang membentuk budaya yang berorientasi pada pengetahuan.

“Di sisi lain, United Tractors juga memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan dan inovasi dengan berbagai sarana program yang memberikan kontribusi secara langsung kepada perusahaan,” tukas Satyo.