Kesehatan Karyawan adalah Hal Penting di China

Hampir setengah dari pengusaha di China mengemukakan bahwa mereka menjalankan program kesehatan karyawan di tempat kerja mereka dan mereka meningkatkan program tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Buck Consultants Global Survey yang bertajuk, Working Well: A Global Survey of Health Promotion and Workplace Wellness Strategies, 73% responden mengemukakan bahwa mereka mengukur outcome kesehatan karyawan dengan cukup spesifik.

Masih dari hasil survey Buck Consultants, 48% perusahaan di China menawarkan program health risk appraisal (HRA), 22%-nya merencanakan untuk menawarkan program tersebut tahun depan.

Mayoritas pemilik perusahaan di China, atau sebanyak 73%-nya melakukan pengukuran secara spesifik untuk masalah kesehatan, jika dibandingkan secara global, hanya 53%.

Hal ini mungkin berhubungan dengan indikator kesehatan kerja agar lebih mudah terlacak. Bahkan lebih dari separuh responden, sebesar 54%, mengemukakan bahwa mereka memiliki strategi untuk menghadapi permasalahan kesehatan karyawan bahkan untuk lima tahun atau kurang ke depannya.

Baca juga: Alasan Mengapa HR Harus Memperhatikan Kesehatan Karyawan

“Kami melihat bahwa yang sedang tren di China adalah meningkatkan kesehatan di tempat kerja. Pemerintah dan para pemilik perusahaan telah menyadari bahwa meningkatnya populasi mereka yang sehat di perusahaan dan meningkatnya angka program yang terlaksana,”  ungkap Wolf Kirsten, selaku founder dan CEO dari International Health Consulting. “Bagaimanapun juga, lingkungan, fisik, dan psikososial kerja merupakan hal yang mempengaruhi kesehatan karyawan di perusahaan.”

Program kesehatan kerja adalah program yang paling umum diikuti, diikuti dengan komunikasi rutin, fasilitas kesehatan dan program ergonomis. Pertemuan para karyawan merupakan salah satu metode publikasi yang efektif, diikuti dengan email dan portal web, untuk mempromosikan program-program kesehatan para karyawan.

Keamanan setiap individu dan lingkungan kerja merupakan permasalahan kesehatan yang cukup menarik perhatian para pemilik perusahaan di China.

“Lingkungan, kesehatan dan keamanan para karyawan merupakan pemimpin dalam program kesehatan di China, terutama di perusahaan manufaktur dan industri pertambangan,” ungkap Barry Hall, selaku pemimpin penelitian ini. “Hasil dari penelitian ini yakni, meningkatkan keamanan lingkungan kerja merupakan salah satu hal utama dalam program kesehatan yang ada di China, hal ini dikemukakan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan,” pungkasnya.

Baca juga: Inilah Temuan Survei Terbaru tentang Kesehatan

Tags: ,