Kembangkan UKM dengan Memanfaatkan LinkedIn

Networking merupakan satu aspek yang penting bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah. Biasanya, dari relasi tersebut, mereka memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen atau mitra kerja. Dari berbagai jalur untuk mendapatkan relasi bisnis maupun konsumen, UKM dapat memanfaatkan LinkedIn.

Social media profesional tersebut memungkinkan kita untuk memperluas jaringan, membangun brand professional dan meningkatkan visibilitas secara online. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diimplementasikan oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan linkedin:

1. Upgrade dan Lengkapilah Profil akun kita

Semakin lengkap profil kita, akan semakin mudah profil kita ditemukan oleh mesin pencarian. Satu hal yang harus kita ketahui adalah bahwa halaman profil kita merupakan pintu bagi siapapun untuk mengenal kita. Untuk meningkatkan kredibilitas kita, profil sebaiknya data di profil dibuat selengkap mungkin dan foto yang kita upload juga harusnya jelas dan representatif untuk menggambarkan kita. Bisa juga kita menghubungkan linkedin dengan twitter yang kita miliki.

2. Buatlah Halaman perusahaan

Untuk lebih meningkatkan visibilitas perusahaan, kita perlu membuat halaman perusahaan. Tuangkan profil perusahaan serinci mungkin dan manfaatkan feature yang telah disediakan LinkedIn seoptimal mungkin. Kembangkan pula halaman perusahaan kita dengan menambahkan logo, lokasi dan feed dari blog perusahaan. LinkedIn juga menyediakan feature seprti Targeted Updates dan Follower Insights yang dapat kita optimalkan penggunaanya.

3. Kembangkan dan monitor jaringan profesional kita

Kita dapat mengimpor kontak yang ada di email untuk untuk menemukan kenalan di linkedin. LinkedIn juga akan merekomendasikan beberapa kontak yang memiliki keterkaitan dengan profil kita di linkedIn. Akan lebih baik jika rekomendasi tersebut benar-benar kita telusuri dan kita kirimi undangan untuk menjalin hubungan dengan kita.

4. Dapatkan Rekomendasi

Rekomendasi dari orang lain, apalagi orang yang memiliki pengaruh atau prestasi bagus di dunia profesional, membuat profil kita di linkedIn memiliki nilai lebih. Rekomendasi tersebut berpotensi meningatkan kredibilitas kita di mata pengunjung. Apalagi, perhatian para pengunjung akan banyak tertuju pada bagian rekomendasi tersebut ketika mereka melihat profil kita.

5. Gunakan fitur Group di LinkedIn

Penting bagi kita untuk tergabung dalam group “small business”. Dengan tergabung dalam grup tersebut, kita akan mendapatkan banyak informasi dan artikel yang dapat membantu kita dalam mengembangkan bisnis kita. Di situ pula kita dengan mudah menemukan relasi-relasi baru yang “senasib” dengan kita sehingga akan lebih mudah berbagi ilmu dan sama-sama belajar. Pun seandainya ada klien potensial untuk perusahaan kita, mereka akan menghubungi kita secara langsung.

6. Rekrut orang yang tepat

Kita dapat menggunakan alat pencari di linkedin untuk mencari kandidat pasif, yakni kandidat yang sedang bekerja dan tidak sedang mencari pekerjaan. Banyak sekali kandidat pasif yang berkualitas di linkedIn. Untuk itulah, penting bagi kita untuk memasang status “sedang merekrut” sehingga semua orang di grup dapat melihat lowongan tersebut. Atau apabila kita meng-upgrade linkedin kita menjadi premium, kita dapat langsung mengirimkan pesan kepada kandidat yang belum terhubung dengan kita.

7. Tingkatkan produktivitas dengan LinkedIn Apps

Dengan LinkedIn Apps di seluler, kita dapat mengakses situs linkedin dimanapun. Hal tersebut memudahkan kita untuk dengan cepat meng-update profil kita atau langsung mencari profil orang yang kita temui di konferensi atau acara lain melalui ponsel kita. Dengan demikian, ketika kita bertemu orang baru, kita bisa langsung mengarahkan pembicaraan sesuai interest dan keahlian orang tersebut.

8. Temukan orang yang Anda cari dengan feature pencarian orang tingkat lanjut

Kadang kita tidak mau repot mengisikan data-data untuk mencari kontak seseorang di linkedIn. Sehingga, sistem pencarian sederhana lebih sering kita pakai. Padahal, di linkedin ada sebuah fitur yang dinamakan “advance search” atau pencarian tingkat lanjut yang akan membantu kita mencari orang-orang dengan kriteria yang lebih spesifik. Jika data sudah spesifik, akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan sortir untuk ke[erluan apapun.

9. Luangkan waktu untuk tetap update dalam LinkedIn Today

Semakin banyak membaca, akan semakin banyak pengetahuan yang dimiliki seorang pemilik usaha, yang nantinya akan mempengaruhi pengambilan keputusan di perusahaan. LinkedIn memberikan kemudahan bagi pemilik akun untuk mendapatkan update berita sesuai dengan bidang yang diminati pemilik akun di linkedin today. Tiap-tiap pengguna dapat memilah berita apa yang ingin mereka baca dengan mengikuti salah satu bidang yang tersedia.

10. Dapatkan inspirasi dari profesional terkemuka

Salah satu fungsi Linkedin adalah memberikan inspirasi bagi penggunanya. Feature linkedin memungkinkan pengguna untuk mengakses berita-berita terbaru atau postingan dari ratusan pemimpin besar yang tergabung dalam linkedin. Dengan demikian, ketika inspirasi dibutuhkan, ada baiknya kita membuka Linkedin.