Karyawan Starbuck Bisa Kuliah Gratis

starbucks employees

starbucks employees

Sebuah gebrakan baru diluncurkan oleh perusahaan pemilik coffee shop ternama Starbucks. Kali ini mereka berkomitmen untuk memberikan beasiswa bagi karyawannya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam penyelenggaraan program ini, Starbucks bekerja sama dengan Arizona State University untuk memperbolehkan karyawannya meraih gelar dari program belajar online yang diklaim sangat baik di kampus tersebut. Starbucks akan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa tingkat tiga dan empat, sedangkan mahasiswa pada dua tingkat di bawahnya akan mendapat diskon keringanan biaya dari total yang harus dibayarkan.

Untuk program tersebut, Starbuck diperkirakan akan menghabiskan sekitar 10,000 USD per tahun.

Baca juga: Google, Starbucks Tempat Kerja Terbaik 2008

Bagi masyarakat luas, program yang diusung Starbucks tersebut membuahkan pertanyaan yang belum terjawab untuk sementara waktu. Misalnya saja tentang berapa orang yang akan dibiayai kuliah sambil terus bekerja di Starbucks dan juga apa sebenarnya manfaat dari program ini bagi Starbucks? Terlebih lagi, kita juga belum mendapat jawaban tentang apa yang akan diperoleh karyawan melalui program belajar secara online tersebut.

Bagaimanapun juga, ini adalah program yang cukup brilian yang pernah diluncurkan oleh sebuah franchise Coffee Shop sekelas Starbuck.

Sejak memasuki bisnis retail, resto penyedia minuman dan makanan dengan signature khas kopi ini memang sudah “selangkah di depan” dibanding para kompetitornya. Sebelum program ini, Starbucks memiliki program health care untuk para karyawannya. Namun, setelah era Obamacare, program tersebut tak lagi mendulang perhatian karyawan atau calon karyawan. Bahkan selain kurang menarik, program health care juga tidak membuat karyawannya loyal pada perusahaan. Turnover masih menjadi momok bagi retailer. Setidaknya, dengan program beasiswa tersebut, turnover diprediksi akan berkurang ketika karyawan bekerja sambil berjuang untuk mendapatkan gelar sarjana.

Memberikan beasiswa bagi karyawan juga dinilai cerdas karena dari situ, perusahaan akan mendapatkan kandidat yang kompeten. Pernyataan ini mungkin terdengar aneh ketika di luar sana pengangguran masih marak terjadi.  Tetapi memang banyak perusahaan yang meng-klaim bahwa mereka kesulitan mencari karyawan yang bisa diandalkan. Dengan pancingan beasiswa tersebut, mengindikasikan bahwa karyawan yang tertarik untuk bergabung dengan Starbucks adalah mereka yang memiliki keinginan untuk belajar. Meskipun seandainya mereka hanya bertahan beberapa tahun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa program ini mungkin tidak akan berarti besar bagi sebagian karyawan, terutama karena kuliah online masih belum terbukti benar. Namun, Starbucks dinilai mempunyai peluang yang cukup bagus. Perusahaan ini telah berusaha untuk menjaring kandidat terbaik dan berusaha untuk membuat mereka bertahan.

Baca juga: Kebenaran Bisnis ala Starbucks

Photo courtesy: Starbucks.com

Tags: , , , ,