Karyawan Hanya Engaged Pada 6 Bulan Pertama

Keterlibatan karyawan secara penuh kepada pekerjaannya biasanya hanya berlangsung pada 6 bulan pertama. Begitu hasil survei terbaru yang Gallup mengenai engagement karyawan di dunia kerja. Ditemukan bahwa sebanyak 40% karyawan menjadi tidak engaged dan 8% benar-benar lepas tangan dengan pekerjaannya setelah 6 bulan periode kerja.

Bahkan setelah periode 6 bulan pertama tersebut, level engagament karyawan semakin menurun hingga 10 tahun masa kerja. Dan pada akhirnya engagement mereka menyusut hingga berada di level statis.

Alasan tingginya tingkat engagement karyawan di bulan pertama atau kerap dikenal dengan ‘masa bulan madu’ adalah karena rasa ketertarikan mereka kepada perusahaan baru masih besar. Antusiasme dan harapan untuk belajar dan berkembang yang menggebu-gebu tersebut biasanya membutakan mereka dari sisi negatif pekerjaan mereka saat itu.

Namun meskipun penurunan engagement karyawan pasca honeymoon tersebut kini telah menjadi tren di beberapa industri, organisasi dapat mengintegrasikan strategi untuk menghindari bahkan membalikkan hal tersebut.

Menurut Gallup perusahaan bisa menghindari fenomena tersebut dari awal karyawan bergabung, yaiitu dengan memberikan pengakuan terhadap ide-ide yang mereka punya. Dan yang terpenting selama mereka mengerjakan tugasnya, pasangkan mereka dengan manajer yang telah memiliki engagament yang besar bagi perusahaan utnuk membimbing mereka.

Namun ingat proses ini bukan proses sekali jalan tapi membutuhkan kesinambungan secara terus menerus. Perusahaan harus menyelidiki keterlibatan di semua di seluruh lini bisnis organisasi, riset ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki pemimpin yang engaged akan menghasilkan kualitas engagement yang tinggi. Mengukur secara konsisten dan memantau karyawan melalui survei dan beberapa metode dapat mengurangi penurunan engagement karyawan tersebut.

 

Tags: ,