Kapal Ferry untuk Karyawan Google

google ferry

google ferry

 

 

 

Bus shuttle sebagai alat transportasi karyawan? Sepertinya hal tersebut sudah biasa kita dengar. Namun bagaimana dengan kapal ferry untuk transportasi karyawan? Sepertinya baru Google yang menjalankannya. Baru-baru ini, Google memberikan alternatif transportasi bagi karyawannya agar sampai ke kantor tepat waktu, yakni kapal ferry yang berada di San Francisco menuju Redwood City dengan keberangkatan dua kali dalam satu hari.

Setelah sampai di Redwood City, penumpang melanjutkan perjalanan dengan menggunakan shuttle bus menuju Mountain View. Perjalanan dari San Francisco menuju kantor pusat Google menghabiskan waktu selama 90 menit. Namun dengan menggunakan kapal ferry yang memiliki kapasitas 149 penumpang ini, hanya menghabiskan waktu selama 67 menit sehingga karyawan akan dapat menghadiri meeting tepat waktu. Kapal ferry ini akan beroperasi mulai hari Senin, yakni hari ini.

“Kami tidak ingin mengganggu kenyamanan warga S.F. maka dari itu kami mencoba alternatif lain untuk membuat mereka sampai ke tempat kerja,” berikut pernyataan dari Google.

Bulan lalu, pengunjuk rasa menarik perhatian masyarakat akan nasib penghuni San Fransisco. Hal ini disebabkan karena mereka merasa tergusur dengan harga tanah yang dibayarkan oleh karyawan tech-sector telah melangit untuk apartemen di kota yang persediaannya terbatas. Meskipun unjuk rasa ini telah dirusak oleh mereka yang berpura-pura menjadi karyawan Google yang bersikap tidak menyenangkan, namun para pengunjuk rasa berhasil membuat fokus pada apa yang mereka maksudkan.

Google tidak membayar San Francisco Municipal Transportation dengan apapun untuk mempergunakan halte bus mereka. Minggu lalu, pemerintahan mengumumkan sebuah program percontohan dimana perusahaan seperti Google, Apple, Genentech dan Facebook, harus membayar biaya harian untuk mempergunakan 200 tempat pemberhentian bus milik Muni.

Kesepakatan tersebut tidak akan memberikan keuntungan besar bagi Muni. Hal ini disebabkan oleh proposisi negara pada tahun 1996, bahwa pemerintah tidak dapat memberikan biaya tambahan pada kebijakan, “beyond the cost to provide such a service or policy (menyediakan layanan ataupun kebijakan di luar biaya).” Disepakati bahwa perusahaan-perusahaan tersebut akan membayar $ 1 perharinya dan perhalte bus yang mereka pergunakan.

Photo Courtesy: CNET.com

Tags: ,