Introvert dan Kopi

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi kopi berhubungan dengan kepribadian seseorang. Seorang psikolog dan penulis buku Me, Myself, and Us: The Science of Personality and the Art of Well-Being, Brian Little, mengungkapkan bahwa mereka yang introvert akan cenderung menurun efisiensinya setelah mengkonsumsi kopi.

“Hal ini semakin terasa bila para introvert dihadapkan pada tugas yang sifatnya kuantitatif dan perlu diselesaikan di bawah tekanan waktu,” ungkap Little.

Sedangkan bagi para ekstrovert, justru malah sebaliknya. Setelah mengkonsumsi dua cangkir kopi, orang ekstrovert akan lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Alasannya karena kewaspadaan mereka yang introvert berlawanan dengan mereka yang ekstrovert. Berdasarkan literatur dan peneitian yang pernah dilakukan pada setiap tipe kepribadian, mereka yang introvert memiliki level kewaspadaan yang sudah cukup optimal.

“Hal ini menunjukkan bahwa performa kerja para introvert akan menurun jika mereka mengkonsumsi stimulant seperti kopi,” tambah Little. Suasana yang berisik dan padat, juga akan memberikan dampak yang sama bagi para introvert.

Jadi jika Anda merasa Anda termasuk ke dalam kategori introvert, mungkin Anda bisa memperbaiki kebiasaan ngopi Anda, atau mulai menghindari mengkonsumsi kopi sebelum mulai mengerjakan suatu project, ataupun menghadiri meeting. Jika Anda termasuk dalam kategori ekstrovert, maka alangkah lebih baik jika Anda mengkonsumsi kopi sebelum beraktivitas karena hal tersebut dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Baca juga: Pekerja Media, Konsumen Kopi Tertinggi

Tags: , ,