Ini Keahlian yang Akan Membawamu Keliling Dunia

Jika keliling dunia adalah impian Anda, maka ada beberapa karakter dan keahlian yang jika Anda miliki, akan memperbesar kesempatan Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut.

LinkedIn melakukan pengamatan kepada para penggunanya mengenai peluang mereka untuk bekerja di luar negeri. Temuan pertama yang mereka peroleh adalah professional muda lebih berpotensi untuk berkarir secara internasional.

Para pengguna linkedIn yang kerjanya berpindah-pindah rata-rata memiliki pengalaman professional sekitar 7,8 tahun. Sedangkan professional yang memiliki pengalaman kerja lebih lama hanya berpindah pada jarak yang dekat saja.

Riset kemudian juga dilanjutkan pada apa saja keahlian orang-orang atau professional yang memiliki kecenderungan sering berpindah-pindah. Dalam satu tahun terakhir, diidentifikasi bahwa keahlian yang awam dimiliki oleh mereka yang sering berpindah antara lain:

Baca juga: Langkah Awal Berkarir di Luar Negeri

1. Marketing melalui Social Media

2. Teknik Mesin dan Aerospace

3. Pengembang Java

4. Ilmu Biologi

5. Militer

6. Penerjemah Bahasa Asing

7. Kebijakan Publik dan Hubungan Internasional

8. Manajemen Software Engineering

9. Retail dan Grosir

10. Konsultasi Manajemen, Strategi dan Analis Bisnis

Dalam daftar tersebut terlihat bahwa posisi puncak didominasi oleh kemampuan dalam bidang Sains, Teknik mesin (engineering) dan matematika (STEM). Orang –orang dengan keahlian tersebut mengalami perpindahan jarak rata-rata terjauh yakni 3,900 km. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan karir yang memungkinkan Anda keliling dunia, pelajarilah keahlian tersebut.

Selain dilihat dari jenis keahliannya, kecenderungan berpindah kerja juga ditentukan oleh jenis industri di mana professional tersebut bekerja. Industri-industri yang memberikan peluang keliling dunia lebih luas di antaranya:

1. Teknologi – Software

2. Media dan Hiburan/Entertainment

3. Layanan Profesional

4. Minyak dan Energi

5. Pemerintahan, Pendidikan, dan Nirlaba

Sebaliknya, industri-industri berikut justru memberikan kesempatan terkecil bagi pegawainya untuk berpindah tempat kerja:

1. Manufaktur

2. Arsitektur dan Teknik

3. Teknolgi – Hardware

4. Transportasi

5. Telekomunikasi

Tidak hanya terbatas pada jenis keahlian dan industri, kecenderungan orang-orang untuk berpindah kerja juga ditentukan oleh posisi mereka di perusahaan. Riset yang dilakukan membuahkan daftar posisi yang memungkinkan pejabatnya untuk keliling dunia. Posisi itu adalah:

1. Pengembangan Bisnis/Business Development

2. Pemasaran/Marketing

3. Penelitian/Research

4. Media dan Komunikasi

5. Manajemen Produk

Bagi Anda yang lebih suka stay atau menetap di satu tempat saja, beberapa jenis pekerjaan ini mungkin bisa dicoba:

1. Kewirausahaan/Entrepreneurship

2. Administrasi

3. Layanan Keamanan dan Perlindungan

4. Layanan Kesehatan

5. Akuntansi

Bekerja berpindah-pindah adalah pilihan. Bukan berarti itu lebih baik daripada yang menetap. Tetapi jika traveling adalah hobi Anda, ulasan di atas mungkin akan membantu.

Baca juga: Saatnya SDM Indonesia Bersaing di Kancah Internasional

Tags: , ,