Ini Cara Panasonic USA Dorong Karyawan Gunakan Transportasi Umum

Panasonic Corporation di Amerika Utara telah memberikan kebijakan baru pada para pekerjanya. Panasonic berencana untuk meningkatkan penggunaan transportasi publik bagi para pekerjanya dengan memperbaiki kebijakan subsidi transportasi pekerjanya. Perusahaan berharap kebijakan ini dapat meningkatkan penggunaan transportasi publik hingga 75%. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kebijakan ini ditargetkan pada para karyawan Panasonic yang bekerja di kantor pusat Newark dan Harrison, di New Jersey Technical Center. Pada saat ini penggunaan transportasi publik para karyawan Panasonic “baru 57%”. Hal ini dikemukakan berdasarkan studi yang dilakukan oleh NJ TRANSIT. Angka ini meningkat empat persen dibandingkan pada tahun 2012. Peningkatan empat persen ini ditunjukkan dengan berkurangnya sebanyak 430 kendaraan bermotor setiap harinya, sehingga menghemat 144.250 galon bahan bakar dan mengurangi kemacetan lalu lintas. “Secara keseluruhan para pekerja telah mencegah 1.678 ton emisi gas rumah kaca setiap harinya,” tulis Panasonic dalam press release yang disebarkannya.

Baca juga: Infografik: Kebijakan Cuti Melahirkan di Beberapa Negara

Pada tahun 2013, Panasonic memindahkan kantor pusatnya dari daerah Secaucus ke daerah Newark, yang hanya berjarak satu blok dari Newark Penn Station. Newark Penn Station merupakan salah satu stasiun transit terbesar dengan kereta listrik, kereta cepat dan bus. Pemindahan kantor ini dilakukan dengan tujuan agar para pekerja tidak mempergunakan terlalu banyak alat transportasi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Untuk meningkatkan kesadaran para pekerjanya dalam mempergunakan transportasi publik, Panasonic memberikan kebijakan program subsidi transportasi selama 24 bulan. Dengan catatan pekerjanya mempergunakan transportasi publik. Program ini direncanakan agar terus berkembang setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran penggunaan transportasi publik. Selain kebijakan subsidi biaya transportasi, Panasonic juga memberikan fasilitas parkir sepeda dan ruang ganti bagi para pekerjanya.

Apakah Anda terinspirasi mengikuti langkah Panasonic di atas? Mengingat sudah terlalu banyak kendaraan yang tumpah ruah di jalanan Jakarta. Bahkan berdasarkan hasil survey terbaru diketahui bahwa Jakarta adalah kota termacet di dunia. Rata-rata pengendara kendaraan bermotor di Jakarta harus mengalami terjebak macet 27,22% dari total waktu perjalanan yang seharusnya. Gelar kota termacet sepertinya harus segera dihapuskan dari nama Jakarta. Cara seperti yang dilakukan Panasonic Corporation ini dapat dikaji penerapannya oleh perusahaan di Jakarta untuk mengurangi macet plus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca juga: HR Perlu Terapkan Kebijakan Formal tentang Social Media 

Tags: , ,