Ini 6 Tren HR tahun 2014

Berlalunya 2013 bukan berarti beberapa “trend HR” telah basi untuk dibahas. Isu seputar talent masih menjadi tantangan tersendiri di dunia HR. Apalagi kini arus social media tidak bisa dibendung lagi, mau tidak mau praktisi HR mesti terjun langsung untuk tahu kondisi sebenarnya.

“Ada 6 kunci pengembangan HR yang penting bagi pertumbuhan perusahaan dan untuk sukses yang berkelanjutan,” ujar Karen Cariss, CEO global PageUp People. Menurutnya jika ingin terdepan di tahun ini, keenam tren tersebut mesti dikedepankan oleh para eksekutif perusahaan.

Apa saja isu tersebut? Berikut ini 6 isu HR yang Anda bisa pelajari, seperti yang diulas di hcamag.com:

1. Intelijen Talent

Beberapa tahun belakangan ini, isu seputar big data telah kerap bermunculan. Analisis data ala HR seperti itu akan semakin penting lagi di tahun ini. Mungkin bagi perusahaan yang belum memiliki aplikasi ini, bisa mulai memikirkannya tahun ini. Kegunaan analisis data tersebut sebagai salah satu strategi dalam pengembangan people dan juga membantu perusahaan mengeksplor skenario ‘bagaimana jika.’

2. Keterlibatan Direksi

Tidak hanya HR yang diharapkan terlibat pada ranah C-level, namun saat ini juga dibutuhkan penekanan lebih lanjut pada keberadaan para pekerja. “Kompleksitas dan tantangan yang diciptakan oleh ekonomi global membutuhkan para pemimpin yang terus mengevaluasi strategi organisasi mereka. Hal ini membuat perusahaan mampu menentukan bagaimana SDM dapat dikembangkan secara penuh,” ujar Cariss.

3. Teknologi Mobile yang Mengubah HR

Aplikasi mobile diperkirakan akan memegang peranan yang lebih penting lagi di 2014. Situs pencari kerja yang mobile serta aplikasi mobile akan lebih dimanfaatkan lagi oleh perusahaan untuk mengurangi waktu untuk merekrut dalam rangka mempersempit gap antara ketersediaan skill dengan kebutuhan bisnis.

4. Investasi untuk Sukses

Solusi baru dalam investasi teknologi yang menawarkan fungsi lebih lanjut akan muncul dalam bentuk SaaS (Software as a Service). Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk manajemen kandidat serta perencanaan karir.

5. Manajemen Talenta Tanpa Batas (Borderless)

‘Glocalisation’ adalah istilah yang muncul pada 2013 yang akan menampakan wajah aslinya di 2014. Sebagaimana organisasi dan tenaga kerja menjadi tanpa batas, kemampuan mengatur SDM secara global dan mengeksekusinya secara lokal menjadi sangat penting. Kemampuan untuk menghargai dan memberi penghargaan harus diimbangi dengan solusi manajemen SDM yang mendukung dan memenuhi keberadaan perusahaan agar tetap relevan pada 2014.

6. Social Media

Social media telah menjadi alat penting untuk perekrutan. Penggunaan LinkedIn, Facebook, Twitter dan social media lainnya akan menjadi intensif pada 2014, sebagaimana perusahaan perlu untuk mengikuti perkembangan alumninya serta talenta baru. Penggunaan social media dalam fungsi pembelajaran & pengembangan juga akan berbuah pada 2014.

Itulah keenam tren yang nampaknya akan sering diulas di dunia HR, setujukah Anda?

 

Tags: , ,