Ini 15 Profesi Yang Bisa Mengantar Anda Keliling Dunia

helicopter-923119_640

Hampir setiap orang memimpikan sebuah pekerjaan yang sekaligus bisa membiayai perjalanan mereka keliling dunia. Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut semakin ketat dan gajinya pun bukan sesuatu yang menakjubkan yang bisa dibanggakan kepada keluarga.

Tetapi, keinginan tiap orang tentu berbeda-beda. Jika travelling menjadi prioritas utama Anda dalam hidup, maka beberapa rekomendasi pekerjaan dari lonelyplanet.com berikut patut dicoba:

helicopter-923119_640

1. Pramugari atau pramugara

Pramugari sudah pasti melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Hanya saja, perlu diingat bahwa tidak semua penerbangan memungkinkan pramugarinya untuk berkeliling dunia. Misalnya saja untuk penerbangan lokal, bisa jadi perpindahan lokasi hanya antar provinsi dalam satu negara. Jika ingin keliling dunia, tentunya kita harus melamar di maskapai-maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh. Selain mendapatkan waktu singgah yang relatif cukup lama, awak pesawat biasanya mendapatkan bonus tiket pesawat murah yang dapat digunakan bersama keluarga.

Memimpikan profesi ini, maka setidaknya Anda harus memiliki kemampuan customer service yang baik, lancar berbahasa Inggris dan dapat berenang di kedalaman 25 meter. Jenis pekerjaan ini biasanya diiklankan langsung oleh maskapai yang juga akan meyediakan traing sekitar enam minggu. Selain itu, informasi lowongan pekerjaan di bidang tersebut dapat dilihat di aviationjobsearch.com atau cabincrew.com.

2. Pengajar Bahasa Inggris

Profesi ini kadang disebut sebagai harapan terakhir bagi mereka yang kehilangan arah. TEFL (Teaching English as a Foreign Language) memungkinkan Anda untuk pergi berkeliling dunia. Selain tiket perjalanan dan akomodasi yang biasanya ditanggung pemberi kerja, gaji yang didapatkan pun tidaklah mengecewakan. Keuntungan dari profesi ini selain keliling dunia adalah kita juga dapat berbaur dengan warga lokal dan mengenal budaya mereka.

Pengajar biasanya harus menandatangani kontrak selama beberapa bulan atau satu tahun bahkan lebih. Jika ingin menjajaki profesi ini, kualifikasi yang dibutuhkan adalah gelar akademik dan memiliki kemampuan berstandar TEFL serta diutamakan mereka yang bersertifikasi CELTA (Certificate in English Language Teaching to Adults). Informasi mengenai pekerjaan ini dapat diperoleh di tefl.com/jobs.

3. Awak Kapal Pesiar

Jika Anda berkeinginan untuk menghabiskan musim dingin berlayar di Hawai atau musim panas di semenanjung Norwegia, maka kru kapal pesiar bisa menjadi pekerjaan yang pas untuk Anda. Sebuah kapal pesiar yang mewah membutuhkan tenaga untuk beraneka macam departemen seperti koki, perawat, musisi, instruktur fitness dan terapis kecantikan. Kriteria kandidat yang diperlukan tentu berbeda satu sama lain, tetapi jika Anda memiliki keahlian yang relevan dan customer service skill  yang mumpuni, maka, Anda bisa mencoba mencari peruntungan dengan menilik pada website cruiseshipjob.com atau allcruisejobs.com.

4. Pemandu Tur

Tour leader bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang lebih mengutamakan life style daripada kemapanan finansial. Tetapi tentu tak diragukan lagi bahwa menjadi seorang tour leader akan membawa kita pada pengalaman berkeliling dunia. Jika itu adalah keinginan Anda, maka yang diperlukan adalah antusiasme dan kesabaran. Selain itu, diperlukan juga leadership skill yang baik dan pengalaman-pengalaman travelling yang banyak. Tak hanya itu, kita pun harus piawai dalam keterampilan teknis seperti berenang, hiking, pertolongan pertama pada kecelakaan, berbahasa asing, gelar di bidang geografi atau sejarah dan memiliki SIM lebih diutamakan.

5. Interpreter

Apabila Anda lancar menggunakan setidaknya dua bahasa internasional, maka menjadi interpreter adalah pilihan yang tepat jika ingin berkeliling dunia. Intrepreter ini bisanya dibutuhkan dalam urusan bisnis atau politik, misalnya pada saat rapat yang lingkupnya internasional, konvensi internasional dan berbagai konferensi. Meskipun biasanya Anda akan ditempatkan di satu negara, tetapi adanya kegiatan-kegiatan yang sifatnya jangka pendek akan membuat Anda mengunjungi berbagai belahan dunia lain. Untuk mendapatkan posisi ini, setidaknya yang Anda butuhkan adalah gelar kesarjanaan di bidang bahasa, wawasan yang luas dan kemampun menerjemahkan bahasa science, politik maupun ekonomi. Mengenai profesi ini, beberapa website dapat dijadikan rujukan antara lain, iti.org.uk, atanet.org dan aiti.edu.au.

6. Roadie atau teknisi

Sebuah konser akbar dari musisi internasional bisa terselenggara salah satunya karena adanya roadie yang bertugas untuk mengatur belakang panggung (backstage). Mereka bisa jadi seorang soundman atau lighting man. Pekerjaan semacam ini tentunya akan membawa Anda berkeliling dunia. Hanya saja, pekerjaan mengikuti tur suatu band akan sangat menyita waktu sehingga tidak banyak waktu tersisa untuk mengekplorasi keindahan kota yang disinggahi. Apapun itu, setiadaknya Anda masih memiliki peluang untuk melihat-lihat. Jika ingin menjadi roadie, terutama artis ternama, paling tidak Anda harus memliki pengalaman lebih dari tiga tahun di bidang tersebut, networking yang bagus dan tentunya keberuntungan.

7. Fotografer

Pekerjaan yang menyuguhkan petualangan hidup memang tidak selalu menjamin kekayaan materi. Tetapi jika berkeliling dunia adalah hobi Anda, maka jurnalis fotografi jelas akan mengantarkan Anda pada keinginan tersebut. Seorang jurnalis akan mengunjungi tempat paling indah atau paling mengerikan di seluruh dunia. Membidik posisi ini, Anda bisa mengambil kuliah di bidang fotografi, tetapi khusus profesi ini kepiawaian Anda membidik gambar mengalahkan gelar yang sudah didapatkan di institusi pendidikan.

8. Virtual Assistant

Seorang asisten virtual bertugas membantu departemen-departmen tertentu dalam perusahaan dalam hal teknologi. Mereka menyiapkan urusan administasi misalnya perbaikan web, mengirim konten dan sebagainya. Mereka melakukan ini dari jarak jauh (telecommuting). Salah satu alasan mengapa profesi ini memungkinkan kita berkeliling dunia adalah karena kita dapat bekerja dari mana pun dengan bantuan internet. Menjadi virtual assistant, kita perlu memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun sebagai senior administrator dan pernah bekerja di lingkungan kantor.

9. Au Pair (Pengasuh Anak)

Menjadi pengasuh anak atau pekerjaan rumahan lain adalah cara klasik untuk berkeliling dunia. Misalnya saja kita dari Indonesia ingin menetap di Belgia atau negara lainnya, kita bisa mendaftar dan setelah mengikuti tahapan seleksi tertentu, kita akan dibawa ke negara tujuan. Memang gaji yang diperoleh tidak akan sangat besar, tetapi setidaknya kita akan mendapat tempat tinggal, makan, uang saku dan kesempatan mengekplorasi negara tujuan. Kita pun dapat melakukan itu secara part-time sambil berkuliah. Untuk mendapatkan profesi tersebut, kita dapat mencari informasi di greataupair.com atau aupairworld.com.

10. Instruktur Ski atau Skuba

Menjadi seorang instruktur ski akan membawa kita ke tempat-tempat bersalju yang indah dan pengalaman ber-ski yang tak mudah dilupakan. Sedangkan pelatih scuba atau menyelam akan membawa Anda ke alam bawah laut yang menakjubkan. Jika satu di antara dua spot di atas adalah favorit Anda maka bersiapkah untuk mengambil kursus sehingga mendapatkan lisensi standar sebagai pelatih dari dua profesi tersebut.

11. WWOOFer

WWOOF (World Wide Opportunities on Organic Farms) menawarkan Anda yang suka bercocok tanam organik untuk berkeliling dunia. Anda dapat menjadi voluntir atau sukarelawan dengan mendaftar di situs wwoof.se/host-list/WWOOF-SE-437 . Jika Anda diterima, maka Anda harus meluangkan 4-6 jam sehari mengelola lahan pertanian organik yang saat ini berlokasi di beberapa Negara dari Kosta Rika hingga China.

12. Pekerja Humanitarian

Seorang pekerja di bidang kesehatan, dokter atau perawat misalnya, kadang sulit sekali mencari kerja di luar negeri. Tetapi, lembaga non-profit yang menangani suatu bencana di suatu negara biasanya akan membutuhkan tenaga medis yang berkualitas untuk bergabung dengan mereka. Untuk itulah, jika uang bukan menjadi tujuan utama kita, menjadi voluntir ini bisa ditempuh jika Anda senang berjalan-jelan ke luar negeri.

13. Cocktail Mixer

Bekerja di bar, tentu bukan hal baru di kalangan masyarakat modern dan mahasiswa. Bekerja menjadi bartender di negara lain memberikan Anda kesempatan untuk menjelajahi Negara tersebut. Tentunya, jika kita sudah memutuskan untuk menjadi bartender, gaji tidak boleh menjadi prioritas. Seain itu, Anda harus siap untuk bekerja di malam hari.

14. Terapis Kecantikan

Kata kunci dari kecantikan adalah universal dan perempuan, terutama komunitas expatriate. Mereka lebih senang untuk diterapi oleh terapis yang mampu berbicara bahasa mereka dan mengerti keinginannya. Untuk itulah, peluang untuk menjadi terapis terbuka mulai dari Delhi sampai ke Dubai. Kunjungi hairandbeautyjobs.com untuk mencari info tentang peluang kerja sebagai terapis ini.

15. Kru Yacht

Hampir sama dengan kapal pesiar, yacht atau kapal yang dipergunakan untuk rekreasi membutuhkan beberapa tenaga ahli seperti koki, teknisi dan pekerjaan lainnya. Keistimewaannya pun hampir mirip, mereka berwisata ketempat-tempat yang berpemandangan indah di atas laut.

Baca juga: Ini keahlian yang akan membawamu keliling dunia

Tags: , , ,