Hasil Studi: Karyawan Good Looking Bekerja Lebih Baik dan Lama

Orang-orang yang secara fisik lebih menarik (good looking), biasanya lebih cerdas dan lebih persuasif, sehingga lebih baik dalam penjualan, memiliki karir yang lebih baik dan tentu saja, memiliki relasi yang baik dengan mereka yang sama-sama berpenampilan menarik.

Mungkin hal ini dapat membuat kita merasa iri sehingga kita berasumsi bahwa mereka, yang secara fisik lebih menarik, tidak bekerja dengan keras. Kita juga berasumsi bahwa mereka tidak begitu kuat karena mereka sangat lembut di dalamnya.

Kemudian diketahui bahwa semua asumsi itu adalah salah besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Erik Postma, ahli biologi dari University of Zurich, diketahui bahwa daya tahan kerja sangat berkorelasi tinggi dengan penampilan. “Daya tarik wajah merupakan tanda daya tahan bekerja,” menurut Postma. “Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas daya tahan manusia telah dikenal dalam seleksi seksual pada masa lampau,” tambah Postma.

Kesimpulan tersebut diambil Postma setelah mengumpulkan pengendara yang berpartisipasi dalam Tour de France pada tahun 2012 dengan latar belakang yang sama. Dengan 75% partisipan perempuan, Postma melakukan rating pada foto yang paling menarik. Kemudian ia menyesuaikan rating tersebut dengan performa setiap pengendara dalam tur tersebut.

Hasilnya, 10% pengendara yang berhasil sampai di garis finish lebih awal adalah mereka yang mendapatkan rating rata-rata 25% lebih tinggi dibandingkan 10% pembalap yang sampai di garis finish terakhir.

Singkatnya, dalam olahraga, di mana daya tahan adalah segalanya, pengendara yang good looking cenderung memberikan penampilan lebih baik. Artinya mereka yang berpenampilan good looking tidaklah lembut. Tentu saja mereka mungkin lebih mudah, setidaknya dalam beberapa situasi, namun cukup jelas bahwa mereka mampu untuk bekerja lebih keras dan lebih lama.

Maka dari itu, cari dan rekrutlah salesman yang good looking. Dia mungkin tidak hanya mengungguli pekerja Anda yang lainnya namun begitu pula dengan apa yang ia kerjakan. Sama halnya dengan programmer yang good looking. Mungkin ia tidak hanya lebih cerdas namun juga mampu mengeluarkan semua kemampuannya.

Dan siapa tahu, mungkin ini merupakan alasan mengapa sales people yang good looking dapat menampilkan performa kerja yang lebih baik. Mungkin saja kesuksesan yang mereka raih tidak hanya melalui paras menarik mereka. Mungkin karena mereka juga bekerja lebih keras dan lama.

Tags: ,