Gratitude, Play, & Surprise untuk Tingkatkan Engagement

Scott-Friedman-214x300

Lingkungan organisasi yang menyenangkan, yang membuat pekerjanya bahagia berdampak terhadap tingginya employee engagement dalam organisasi, meningkatkan job satisfaction, dan motivasi karyawan. Hal tersebut diungkapkan Scott Friedman, Motivational Humourist dalam sesi keynote dengan tema “Celebrate! Lesson Learned from The World’s Most Admired Organizations” di The Asia HRD Congress 2013, Rabu (12/6).

Scott mengambil rumusan dalam melakukan transformasi organisasi agar lingkungan kerja lebih menyenangkan dan  karyawan terbebas dari stres melalui:

1. Gratitude: Gratitude merupakan perasaan, emosi, atau attitude terhadap apa yang sudah kita miliki. “Cara mengaplikasikan gratitude dalam organisasi adalah dengan menghargai karyawan Anda,” ujar Scott.  Ajak karyawan untuk membuat jurnal yang berisikan rasa terima kasih atas apa yang ia punya, kemudian hargailah kesalahan, karena dari kesalahan karyawan akan belajar untuk memperbaikinya dan akhirnya menghasilkan output yang diharapkan.

2. Play: “Ajaklah karyawan untuk melepaskan semua kecemasan, ketakutan, dan tekanan yang dihadapi. Bersenang-senanglah dan hiduplah di hari ini.  Ajaklah karyawan untuk bersenang-senang,” ucap Scott. Cara mengaktifkan tombol play adalah melalui; sing your complaints, positive & negative reinforce, selebrasikan, yaitu beritahukan kepada seluruh organisasi mengenai berita bahagia dari karyawan baik yang sifatnya profesional maupun pribadi. “Dengan mengaktifkan tombol play, potensi kreatif dapat terlihat dan inovasi dapat terjadi,” tambahnya.

3. Surprise: Lakukanlah hal-hal yang di luar dugaan kepada karyawan. “Organisasi bertugas untuk menciptakan dunia yang sempurna dan baik bagi karyawannya dan juga bagi customer internal dan eksternal.” Maka Scott menyarankan dalam memberikan surprise kepada karyawan/customer cari tahu kepada orang terdekatnya, hal apa yang paling disukai oleh karyawan atau customer Anda.

Scott mengangkat cerita mengenai perusahaan yang menerapkan surprise untuk karyawannya dengan memberikan kejutan saat salah satu karyawannya sedang dipromosi, atasannya menghadirkan anak dari karyawan tersebut, yang tinggal beda negara dengan orang tuanya. (*/@shinnyislamiyah)

zp8497586rq
Tags: