Survey: Hubungan Baik Atasan Bawahan Sumber Happy di Tempat Kerja

employee-688576_640

Apa sih yang membuat para pekerja merasa happy di tempat kerja? Jawabannya ternyata adalah hubungan yang kuat antara rekan kerja dan boss-lah yang membuat pekerja merasa happy di tempat kerja. Hal ini dikemukakan berdasarkan survey yang bertajuk “Happy is a Better Job” yang dilakukan oleh JobsDB, seperti dilansir oleh hrmasia.com. Survey ini dilakukan terhadap 1.813 pekerja di Hong Kong, Indonesia, Singapura dan Thailand.

employee-688576_640

(Sumber image: pixabaycom)

Hasil survey juga mengungkapkan bahwa hampir sebagian besar responden yang berasal dari Singapura dan Thailand merasa happy dengan pekerjaan mereka. Sedangkan sebaliknya, mayoritas pekerja di Hong Kong (62%) dan Indonesia (73%) merasa tidak happy.

Baca juga: Apa yang Membuat Karyawan Happy

Para pekerja di Singapura menyatakan bahwa alasan yang membuat mereka merasa happy di tempat kerja adalah karena hubungan baik yang terjadi antara pekerja dengan rekan kerja dan bossnya. Setelah itu baru gaji dan tunjangan yang cukup.

Tidak hanya mencari tahu mengenai apa yang membuat pekerja merasa happy, survey juga mencari tahu alasan seorang pekerja tidak merasa puas dengan pekerjaannya. Ternyata kurangnya kesempatan untuk mengembangkan karir dan belajar untuk mengembangkan diri merupakan alasan lain seorang pekerja merasa tidak puas. Selain itu lingkungan kerja yang tidak menyenangkan dan tidak adanya keseimbangan antara work-life juga menjadi alasannya.

Baca juga: Belajar dari SAS, Apa yang Membuat Pekerja Anda Happy

Sebanyak 64% pekerja di Singapura yang menjadi partisipan memiliki niat untuk berganti pekerjaan dalam jangka waktu 12 bulan, diikuti oleh pekerja di Indonesia (59%) dan pekerja di Thailand (49%). Sebanyak 85% responden mengungkapkan bahwa mengganti pekerjaan adalah pilihan yang cukup bijak bagi mereka. Alasannya, karena gaji yang dirasa tidak sesuai dan kesempatan yang kecil untuk mengembangkan karir.

Pelajaran yang bisa dipetik dari hasil jajak pendapat ini, ternyata tidak selamanya gaji yang cukup menjadi faktor penentu kebahagiaan pekerja. Masih ada hal yang lebih penting dari pada uang, yakni relasi yang baik, kesempatan untuk mengembangkan karir dan kesempatan untuk mengembangkan diri. (*)

Tags: , , , ,