Shell Livewire: Wujud Investasi Sosial Kepada Wirausaha Muda

Skema LiveWIRE didanai di setiap negara oleh perusahaan Shell lokal dan dijalankan oleh rekan bisnis serta pemerintah setempat untuk memfasilitasi program pendukung ekonomi dan sosial.

Dalam upaya menjalankan kegiatan bisnisnya, Shell selalu mengedepankan prinsip sustainable development yang berdasarkan pada tiga pilar, yakni Profit (keuntungan), Planet (lingkungan) dan People (karyawan, masyarakat dan para pemangku kepentingan). Oleh sebab itu, program investasi sosial atau CSR selalu menjadi bagian kegiatan bisnis perusahaan. Salah satu program investasi sosial Shell Internasional yang dilakukan secara global adalah program Shell LiveWIRE.

Sesuai dijelaskan Sri R Wahyu Endah selaku Social Investment Manager PT Shell Indonesia, program Shell LiveWIRE memiliki tujuan utama untuk mendukung tumbuhnya kewirausahaan di kalangan anak-anak muda, dan khususnya memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka untuk memulai bisnis. “Kami ingin keberadaan kami di Indonesia memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di sekitar wilayah kegiatan usaha kami. Hal ini telah menjadi komitmen Shell,” jelasnya kepada Human Capital awal bulan lalu.

Program Shell LiveWIRE pertama kali diluncurkan di Shell Skotlandia pada 1982 silam, dan kini sudah dilaksanakan di 23 negara di dunia. Selama ini program Shell LiveWIRE Internasional telah membantu lebih dari 2,800 bisnis baru untuk berkembang dan telah menciptakan lebih dari 8,900 lapangan pekerjaan. Sementara di Indonesia sendiri program ini telah dimulai sejak 2003 lalu. Sampai saat ini, LiveWIRE Indonesia telah membantu lebih dari 1.200 generasi muda untuk menggali potensi memulai bisnis dan telah banyak membantu dalam mendirikan bisnis baru.

Cakupan Kegiatan
Dalam memicu semangat kewirausahaan dan memacu pengembangan usaha yang dijalankan oleh anak muda, Shell LiveWIRE menyelenggarakan program-program yang disesuaikan dengan kultur dan karakteristik anak muda di masing-masing negara. Di Indonesia, program LiveWIRE mencakup empat kegiatan, yakni pelatihan motivasi untuk menggali ide bisnis (Bright Ideas Workshop), penghargaan untuk wirausaha muda pemula (Business Strat-Up Award), konsultasi bisnis dan pendampingan (Business Coaching and Mentoring) dan layanan info bisnis (melalui milis shell_livewire@yahoogroups.com dan website www.livewire-indonesia.org).

Mengenai kegiatan Bright Ideas Workshop. Mulai dari 2003 lalu hingga Maret 2008, Shell LiveWIRE telah menyelenggarakan lokakarya di berbagai kota, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Depok, Semarang dan Pontianak dengan topik-topik, diantaranya Kembangkan Potensi dirimu, Bagaimana Mengembangkan Ide-ide Cemerlang, Riset Pasar untuk Langkah Awal, dan Petunjuk Penjualan, Marketing dan Keuangan. Shell LiveWIRE juga merencanakan untuk mengadakan 18 lokakarya Ide-Ide Cemerlang lainnya di 19 lokasi di seluruh Indonesia hingga tahun 2009, dua lokakarya untuk para pemuda yang berkeinginan menjadi penyalur Shell dan empat lokakarya di perguruan tinggi.

Kemudian pada awal April lalu, Shell Indonesia dengan bangga mengumumkan para pemenang Shell LIveWIRE Business Start-Up Awards (BSA) 2008. Sebanyak 9 pengusaha muda yang terpilih dari 272 peserta masing-masing menerima dana bantuan sebesar Rp 20 juta dan konsultasi serta pelatihan selama dua tahun yang akan membantu mereka dalam mengembangkan bisnis. Selama ini LiveWIRE Indonesia telah berkontribusi untuk kesuksesan dalam program perusahaan di dunia internasional yang telah menyediakan bagi lebih dari 1,3 juta generasi muda di dunia dengan informasi, saran dan dukungan untuk membangun ide dan memulai bisnis mereka.

Dikatakan Endah, sapaan akrab Sri R Wahyu Endah, sebagai korporasi, program Shell LiveWIRE merupakan wujud investasi sosial atau program CSR perusahaan kepada masyarakat. Adapun manfaat yang dapat dipetik Shell dengan melaksanakan program LiveWIRE tersebut, diantaranya memperkuat image atau reputasi perusahaan, mengurangi ketergantungan yang berlebihan (overdependency) terhadap perusahaan terutama di wilayah ekonomi yang tidak berkecukupan dan memperkuat jaringan konsumen.

Jalin kerjasama
Bekerja melalui organisasi pengembangan usaha lokal dan menjalin hubungan kerjasama dengan sekolah, universitas, pemerintah, perusahaan lain dan program komunitas, Shell LiveWIRE memberikan dukungan praktis kepada pengusaha muda untuk mengembangkan kemampuannya dalam perencanaan, memulai dan menjalankan usaha bisnis yang dirintis sejak awal. “Dalam menjalankan program ini kami dapat bermitra dengan siapa saja yang tertarik dan mempunyai tujuan yang sama. Untuk saat ini kami bermitra dengan UKM Center FEUI dan universitas-universitas di daerah,” ujar Endah.

Meski tidak menyebutkan total anggaran yang telah dikeluarkan perusahaan untuk program Shell LiveWIRE ini, Endah memastikan anggaran yang dipersiapkan selama ini terus meningkat. Hal ini katanya, karena kegiatan LiveWIRE meningkat secara signifikan dibandingkan kurun waktu 2003-2007. Skema LiveWIRE didanai di setiap negara oleh perusahaan Shell lokal dan dijalankan oleh rekan bisnis serta pemerintah setempat untuk memfasilitasi program pendukung ekonomi dan sosial.

Kunci sukses
Kemudian ditambahkan Endah, dalam menjalankan kegiatan investasi sosial atau CSR, Shell selalu melihat dalam rentang waktu jangka panjang. Artinya perusahaan menghindari sekecil mungkin program yang hanya akan memberikan dampak jangka pendek. Program investasi sosial Shell juga harus menyentuh akar permasalahan dalam masyarakat. Oleh karena itu katanya, sebagai korporasi yang hidup di tengah masyarakat, Shell harus sensitif dengan prioritas kebutuhan masyarakat saat ini demi kualitas hidup yang lebih baik dalam jangka panjang.

Secara ringkas, Endah menyebutkan kunci keberhasilan suatu program CSR Shell, diantaranya lantaran bersifat jangka panjang, namun juga selalu ada evaluasi untuk menilai keefektifannya. Kemudian, sesuai kebutuhan masyarakat, mampu memberikan perubahan dalam masyarakat ke arah yang lebih baik, memprioritaskan pada masyarakat sekitar (fence-line) tempat perusahaan yang mempunyai kegiatan, dan mempunyai relevansi dengan tujuan bisnis Shell yakni sustainable development.

Saat ditanya bagaimana rencana kedepannya untuk mengembangkan praktik LiveWIRE tersebut? Endah menegaskan program LiveWIRE tentunya tridak hanya akan berhenti sampai pada pelatihan-pelatihan saja, tetapi Shell juga akan melakukan pelatihan lanjutan, misalnya tentang menulis perencanaan bisnis, melakukan strategi pemasaran, dan beberapa topik lain yang dibutuhkan anak muda ketika pada tahap awal usaha. Selain itu akan akan ada program coaching dan mentoring yang memungkinkan anak muda tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari wirausaha yang telah berhasil. (ang)