Separuh Wanita Alami Pelecehan di Tempat Kerja

Isu pelecehan seksual di salah satu sekolah di Jakarta masih cukup hangat diperbincangkan hingga saat ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja Anda.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Opportunity Now dan PwC terhadap 25.000 wanita di Inggris, ditemukan bahwa sebagian perempuan usia 28-40 menyatakan bahwa mereka mengalami bullying atau pelecehan di tempat kerja. Sebanyak 12% menyatakan bahwa mereka dilecehkan dengan komentar yang bersifat seksual.

Baca: Negara Rugi karena Banyak Brain Drain Wanita

Definisi pelecehan yang dimaksud dalam survey ini yaitu, tidak diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan atau kenaikan jabatan, pencemaran nama baik, supervisi berlebihan, perlakuan yang tidak adil, pengecualian, atau penipuan.

Namun hal yang kerap kali dirasakan para wanita adalah pelecehan yang dilakukan oleh wanita lain. Dilaporkan bahwa banyak wanita yang merasa dilecehkan oleh wanita lain karena  mereka yang lebih senior merasa terancam dengan kemampuan mereka.

Wanita biasanya mengalami pelecehan yang dilakukan oleh rekan wanitanya dan manajernya. Wanita biasanya dilecehkan karena wanita lain merasa terancam dengan potensi dan kemampuannya, sehinggga memanfaatkan posisi dan otoritas mereka untuk melakukan pelecehan.

Seperempat responden mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan tugas yang cukup banyak dan kerap kali dikritisi hasilnya. Dengan jumlah yang sama, responden mengaku bahwa mereka merasa di supervisi secara berlebih atau merasakan pemanfaatan kuasa ataupun posisi. Bahkan wanita dalam tingkatan jabatan yang lebih rendah, sebanyak 52%-nya mengalami pelecehan juga,

Salah satu responden menyatakan bahwa pelecehan akan terus terjadi, namun masih ada cara untuk menerimanya.

Hanya 1 dari 10 orang responden yang merasa bahwa kesempatan pria dan wanita untuk berkembang dalam perusahaan sama besar. Sementara itu, 6 dari 10 orang merasa bahwa kantor mereka lebih didominasi oleh kuasa para pria. Berdasarkan hasil survey ini, peneliti ingin memberitahukan kepada para perusahaan bahwa pelecehan masih terjadi di tempat kerja mereka, meskipun ada kebijakan-kebijakan yang mengatur mengenai hal itu. Hal ini perlu diperhatikan dengan serius bagi para petinggi perusahaan.

Baca juga: Alasan Mengapa Lebih Banyak CEO Wanita

Tags: ,