Penawaran Unik dari Bank Internasional

Rabobank memfokuskan aktivitasnya pada keuangan mikro, pengembangan rantai pemasok, dan pengembangan koperasi di pedesaan. Prinsip koperasi dipilih, karena lembaga ini percaya bahwa pemberdayaan ekonomi lemah tidak hanya butuh dukungan financial. Satu paket program yang terintegrasi dan terencana baik merupakan fondasi pemberdayaan itu.

Rabobank berkomitmen melayani para nasabah Asia dengan sebuah penawaran yang mengkombinasikan antara pengetahuan global yang kuat dengan penguasaan wawasan lokal yang mendalam. Atas kinerjanya itu, pada tahun 2009 lalu Rabobank termasuk bank no 6 teraman di dunia menurut majalah Global Finance dan Peringkat mendapatkan AAA.

Menurut Yos Rizal Setiawan, selaku Director Of Human Resources yang baru bergabung sejak September 2008, “Rabobank ini adalah bank yang sangat unik”. Karena bank ini tidak memiliki estate type di ritel bisnis, jadi yang dilakukan setelah merger adalah mengembangkan ritel dalam bisnis ini kedepannya, semua itu dilakukan dalam kehidupan human resource dan yang paling penting adalah menggabungkan dua kubu tersebut.

Yang membedakan bank ini adalah melakukan penjajakan yang sangat baik, Rabobank tidak akan mendukung sebuah organisasi atau kelompok jika tidak benar-benar yakin akan potensinya untuk bisa berkelanjutan secara mandiri. Bisnis perbankan ini punya pengetahuan yang sangat baik tentang perbankan, pembiayaan agrikultural, dan tentu saja prinsip koperasi. Organisasi ini menyediakan paket dukungan lengkap, tak hanya memberikan bantuan uang tapi menyediakan dukungan teknik kepada petani untuk meningkatkan kualitas produk, produktivitas, akses ke pasar dengan harga baik, capacity building untuk mengatasi kelemahan dalam pengelolaan uang maupun organisasi.

Kinerja yang dilakukan oleh para direksi Rabobank terbilang berbeda, seperti yang disampaikan Yos “ada situasi yang menarik dimana pada saat saya bergabung pasti setiap karyawan mengharapkan harmonisasi dalam hal pertama benefit. Namun management Rabobank sangat commit bahwa kita akan coba mengajak benefit mengikuti dengan sendirinya, sehingga teman-teman di ritel itu akan sangat diuntungkan“.

Sebagai bank yang menerima Awards sebanyak tiga kali dengan predikat sangat bagus atas kinerja keuangannya, Rabobank memang selalu mengandalkan para ritelnya yang dianggap sangat paham terhadap sistem yang ada saat ini. Dan proses ini dinilai berhasil, terlihat dari prestasi yang didapat sebagai Bank Teraktif dalam mengimplementas ikan Warehouse Receipt Financing pada tahun 2008 lalu.

Upaya Rabobank untuk meningkatkan kinerjanya tampaknya layak untuk teladani, para karyawan yang telah tergabung dalam Rabobank Grup sangat diuntungkan “karena mereka mendapat tunjangan pensiun, dapat gaji ke-14 dan mendapat masalah medical yang lebih baik lagi“, tambah Yos. Hal ini dilakukan untuk untuk mengintegrasikan proses harmonisasi dan saat ini pastinya diterima baik oleh para karyawannya.

Dengan bermodalkan jumlah kantor cabang yang mencapai 94 kantor di seluruh Indonesia, Rabobank menjadi bank internasional nomor satu di Tanah Air yang cukup sukses dalam dunia perbankan. Selain itu penggabungan Rabobank, Hagabank, dan Bank Hagakita menjadi PT Rabobank Internasional Indonesia diharapkan bisa menyatukan pengalaman serta pengetahuan lokal di tingkat global yang tentunya dapat berguna bagi perusahaan dalam persaingannya di perekonomian Indonesia.

Semenjak berada di Rabobank, ”network nya semakin besar karena saya mengetahui hampir semua head officer yang ada dibeberapa bank besar khususnya dan sampai saat ini kita masih saling berhubungan” , ucap Yose. Karena keakraban tersebut, Bank Indonesia membuatkan suatu wadah yang lebih formal dan keanggotaannya terdiri dari 15 bank termasuk Rabobank yang diberi nama human capital dan telah diresmikan beberapa tahun lalu. ”Berkat Bank Indonesia kita lebih banyak dan lebih mudah mendapatkan informasi dari bank-bank yang ada di Indonesia” tambah Yose.

Carier day biasa dilakukan Rabobank dalam menciptakan kandidat terbaik yang akan direkrut oleh Rabobank. Seperti pada tahun lalu dalam mencari kandidat, Rabobank berkeliling ke Annual Report 2008 PT Bank Rabobank International Indonesia seluruh Indonesia dan mengikuti job fair pada 10 kampus dalam waktu dua sampai tiga bulan dan pada saat itu lebih dari 2000 pelamar yang mencalonkan diri menjadi kandidat, walaupun memang akhirnya mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik sebanyak 21 orang. Jadi dapat dikatakan bahwa para karyawan Rabobank memang berbasis wawasan dan pengetahuan ahli dalam bidangnya, hal ini dimaksudkan agar para nasabah mendapatkan kesejahteraan dengan selalu siap memberikan kemudahan akses dan dukungan yang kuat kepada nasabah.

Grup Rabobank berambisi untuk menjadi bank terbaik dalam sektor pangan dan agribisnis, memang bila dilihat pada dunia perbankan Indonesia hanya Rabobank saja yang berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian pada sektor pertanian Indonesia. Karena itulah Rabobank berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabah dengan menyediakan produk inovatif dan layanan berkualitas.