31% Bos Mengaku Punya Anak Emas di Kantor

Sebuah konsultan SDM di Inggris baru-baru ini melakukan penelitian tentang sikap pengusaha terhadap stafnya. Penelitian itu antara lain menemukan, 31% pemilik usaha (khususnya usaha kecil menengah) memiliki kecenderungan punya “anak emas” di kantor.

Dalam penelitian itu sebanyak 1.092 perusahaan ditanya tentang bagaimana perasaan mereka terhadap staf mereka, juga tentang bagaimana hubungan secara umum di tempat kerja.

Hampir sepertiga dari responden itu mengaku punya anak emas tertentu di kantor, yaitu para staf atau karyawan yang memiliki etos kerja yang kuat serta selera humor yang baik di tempat kerja.

“Kebanyakan orang-orang di dalam kantor mengalami pasang-surut bersama. Akibatnya, ikatan yang kuat secara alami terbentuk,” kata Peneliti Georgina Read seperti dikutip dari Newslite.

“Meskipun pilih kasih di tempat kerja bukanlah suatu yang baik, adalah sesuatu yang wajar dan manusiawi bagi para bos untuk lebih suka pada orang-orang tertentu,” tambah Read.

Read juga menyarankan agar sikap pilih kasih atasan itu jangan sampai terlalu menyolok diperlihatkan di hadapan para karyawan lainnya.

“Di sinilah leader atau atasan agar berhati-hati dalam bersikap karena hal ini sangat sensitif dapat bisa merugikan hubungan kerja tim,” imbuhnya.

Tags: , , ,