3 Cara untuk Membuat Pekerja Tetap Engage

lock-740123_640

Menjaga engagement para pekerja memang bukanlah hal yang mudah. Perlu berbagai macam usaha dan pendekatan agar para pekerja tetap bertahan dalam perusahaan Anda. Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun ternyata HRMAsia memberikan beberapa cara untuk membuat pekerja tetap engage dengan perusahaan.

lock-740123_640

Apa sajakah cara tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menawarkan Jam Kerja yang Fleksibel

Ketika seorang bekerja mampu untuk mengatur dan memenuhi komitmen pribadi mereka, mereka akan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja. Pekerja dapat diberikan pilihan waktu kerja yang fleksibel, seperti melakukan telecommuting, bekerja dari rumah, bahkan memberikan fasilitas seperti Smart Work Centers (SWCs).

Baca juga: Memiliki Teman di Kantor Membuat Karyawan Lebih Engage

Smart Work Centers (SWCs) sebenarnya adalah tempat untuk bekerja yang dilengkapi dengan Wi-Fi, fasilitas video conference, percetakan dan fotokopi. Terdapat beberapa tempat seperti ini di Singapura yang bisa dimanfaatkan oleh para pekerja yang jam kerjanya fleksibel. Tidak mau kalah, Indonesia pun sudah memiliki beberapa ruang kerja seperti itu di daerah selatan Jakarta.

2. Menyeimbangkan Harmoni Work-Life

Berikanlah tawaran bagi pekerja untuk dapat mengembangkan hidup mereka. Tidak hanya sibuk bekerja, namun juga tetap memikirkan diri sendiri dan keluarganya. Berikanlah mereka fasilitas seperti waktu cuti yang panjang, waktu kerja yang fleksibel atau dengan metode mentoring, di mana pekerja senior akan mementori pekerja yang masih junior.

Hal ini membuat pekerja secara tidak langsung akan membagi pekerjaan mereka dengan anak yang dimentorinya. Di luar urusan pekerjaan, Anda bisa melakukan aktivitas team building yang tidak hanya membangun motivasi pekerja namun juga menyegarkan pikiran mereka.

3. Mementingkan Kesehatan Pekerja

Pekerja yang sehat adalah aset yang besar bagi perusahaan. Semakin bahagianya seorang pekerja, maka akan semakin produktif dan semakin tidak absen dari pekerjaan. Tentu saja hal ini akan mengurangi pengeluaran biaya dari perusahaan.

Berikanlah fasilitas yang menunjang kesehatan para pekerja, seperti menyediakan makan siang yang sehat, mengadakan pengecekan kesehatan berkala ataupun seminar seputar gaya hidup yang sehat. Melakukan olahraga bersama juga bisa menunjang kesehatan para pekerja. Misalnya seperti melakukan pertandingan tenis meja ataupun futsal. (*)

Tags: , , , , ,