13 “Gangguan” Bekerja di Rumah

Apakah Anda saat ini bekerja di rumah? Bacalah 13 “gangguan” ini dan mungkin Anda akan setuju.

1. Anak

Jika Anda memiliki anak dan mereka berada di rumah ketika Anda bekerja, maka Anda akan menyadari bahwa bekerja dari rumah adalah hal yang kurang tepat. Anak-anak tidak akan peduli dengan tenggat waktu tanggung jawab Anda ataupun Anda sedang berbincang dengan klien penting melalui telepon.

2. Jejaring Sosial

Jejaring sosial mungkin dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan rekan kerja Anda. Namun di satu sisi, ia dapat menghancurkan produktivitas Anda dalam sekejap. Anda mungkin sedang dalam tenggat waktu dan tiba-tiba memutuskan untuk mengecek jejaring sosial Anda untuk menghibur diri. Namun tanpa disangka, Anda menemukan sesuatu yang menarik dan melupakan tenggat waktu Anda.

3. Makanan

Jika Anda di kantor, Anda perlu menunggu sampai jam makan siang untuk makan. Pada jam makan siang pun, Anda tidak bisa berleha-leha karena waktunya tidak lama. Namun jika Anda di rumah, Anda memiliki kontrol penuh atas waktu makan Anda. Dan Anda akan terus menerus makan dan mulai menunda pekerjaan Anda.

Baca juga: Bagaimana Mengatur Karyawan yang Bekerja dari Rumah

4. Berantakan

Ketika Anda bekerja di rumah, Anda tidak perlu memikirkan akan mengenakan baju apa. Anda pun tidak perlu khawatir jika rok Anda terlalu pendek atau dasi Anda tidak sesuai dengan kemeja Anda. Tidak ada orang yang akan menyalahkan Anda karena mengenakan piyama di depan komputer. Bahkan ketika Anda tidak sikat gigi ataupun menyisir, tidak akan ada yang merasa terganggu. Anda akan sangat berantakan!

5. Hilang Kontak

Ketika Anda bekerja di kantor, Anda akan berkenalan dengan orang lain dan bersosialisasi dengan mereka. Namun ketika Anda bekerja di rumah, Anda akan sendirian. Anda juga bisa saja lupa bagaimana rasanya bersosialisasi dan berada di kerumuman banyak orang.

6. Hewan Peliharaan

Sama halnya seperti anak, hewan peliharaan pun perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki kucing, mereka bisa saja bolak-balik melewati meja komputer Anda. Jika Anda memiliki anjing, mereka akan butuh makan dan jalan-jalan.

7. Melakukan Pekerjaan Rumah

Ketika Anda di rumah, Anda akan sangat tidak betah jika melihat rumah Anda kotor. Berdebu sedikit, dilap, kotor sedikit, dipel. Anda tidak akan mulai bekerja sampai rumah Anda bersih dan nyaman untuk dijadikan tempat bekerja.

8. Tetangga

Jika Anda tinggal di apartemen dan tetanga Anda juga sama bekerja di rumah, mereka akan sangat berisik. Mereka akan berbincang keras-keras sehingga mengganggu fokus Anda dalam bekerja. Jika Anda tinggal di rumah dan Anda bisa melihat keluar, secara tidak sadar Anda akan mulai ‘kepo’ dengan apa yang tetangga Anda lakukan dan mulai memperhatikan mereka.

9. Permintaan Orang di Rumah

“Bisakah Anda ke minimarket depan untuk membeli tepung?” mungkin permintaan tersebut akan lebih sering Anda dengar jika Anda di rumah. Orang lain akan berpikir bahwa jika Anda bekerja di rumah maka Anda akan memiliki waktu luang lebih banyak. Namun nyatanya, Anda sedang bekerja.

10. Tetangga yang Berangkat kerja

Mungkin tetangga Anda berpikir bahwa Anda sangat beruntung karena memiliki waktu untuk tinggal di rumah menjaga anak-anak. Karena mereka harus bekerja dan tidak dapat bersama dengan anak mereka sepanjang waktu dan mengkhawatirkan mereka.

11. Tidak Dapat ditinggalkan di Kantor

Karena laptop (kantor) Anda selalu di sebelah Anda, maka tidak ada alasan bahwa Anda dapat menunda pekerjaan Anda. Meskipun itu hari Sabtu ataupun Minggu. Anda tidak dapat menunggu sampai hari Senin untuk menyelesaikannya karena harus Anda selesaikan.

12. Lupa Rasanya Berpenampilan Menarik

Semenjak Anda bekerja di rumah, Anda tidak perlu capek-capek mempergunakan high heels selama berjam-jam ataupun mengenakan seragam kantor. Akan ada suatu titik di mana Anda memperhatikan diri Anda di cermin dan melihat betapa berantakannya Anda dan Anda ingin sekali saja terlihat rapi dan menarik dalam setelan kantor.

13. Tidak Ingin Kembali Bekerja di Kantor

Walau banyak gangguan di atas, ternyata Anda masih merasa lebih banyak sisi positifnya dengan bekerja di rumah, sehingga ketika ada tawaran untuk meninggalkan pekerjaan Anda sekarang, Anda akan bingung.

Baca juga: Yahoo Melarang Karyawan Bekerja Dari Rumah, Siapa Saja Yang Protes?

Tags: ,