10 Tanda Karyawan Anda Siap Resign

Karyawan yang ingin mengundurkan diri biasanya memberikan tanda-tanda tertentu, begitu menurut penelitian terbaru. Meskipun ia berusaha merahasiakannya namun tetap dapat diketahui oleh yang rekan kerja lainnya maupun perusahaan. Penelitian ini dilakukan oleh Tim Gardner, seorang professor dari Utah State University.

“Anda mungkin berpikir bahwa mereka yang datang telat ke kantor dan lama dalam membalas panggilan ataupun email adalah mereka yang akan resign. Namun tanda-tanda ini bukanlah selalu berarti mereka adalah calon yang mau resign, ” demikian menurut Gardner seperti dikutip dari Businessnewsdaily.com.

Sebelum seorang karyawan meninggalkan perusahaan, mayoritas responden yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut memiliki satu kesamaan, yaitu mereka keterlibatan mereka terhadap perusahaan mulai menurun. Berikut beberapa contoh perubahan perilaku yang terjadi secara konsisten pada satu atau dua bulan sebelum seorang karyawan resign:

– Sedikit demi sedikit mengurangi kontribusi saat meeting

– Mulai keberatan untuk berkomitmen pada long-term project

– Mulai menjadi pendiam dan tenang

– Kurang tertarik dalam memajukan perusahaan

– Menunjukan ketertarikan yang menurun untuk mendapat apresiasi dari atasan

– Menghindari interaksi dengan atasan dan rekan kerja

– Mengurangi memberikan ide-ide yang inovatif

– Mengurangi intensitas melakukan pekerjaan dan menolak mengerjakan lebih dari yang ditugaskan

– Mengurangi partisipasi dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan

– Menunjukkan produktivitas yang semakin menurun

Gardner menyatakan bahwa jika seorang karyawan menunjukkan enam dari sekian perilaku tersebut, ia dapat memprediksi bahwa 80% karyawan itu akan resign cepat ataupun lambat.

“Sikap seseorang dapat sulit untuk diartikan,” menurut Gardner. “Sama halnya dengan rumput, semakin Anda sering melihat rumput tetangga yang lebih hijau, maka saat itu pula Anda kehilangan fokus Anda,” tambahnya.

Dalam kompetisi bisnis dewasa ini, dimana setiap perusahaan menginvestasikan pekerja dengan performa kerja baik, Gardner menyatakan bahwa informasi ini dapat membuat manajer mencari cara untuk tetap mempertahankan mereka. Namun ada juga ‘sisi gelap’ dari penelitiannya ini, yaitu ada juga perusahaan yang membiarkan mereka yang akan resign untuk benar-benar resign.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, menanyakan kepada para karyawan apa saja tanda-tanda bahwa seorang karyawan tidak bahagia. Bahkan Gardner dan timnya mempergunakan metode statistik yang cukup kompleks dalam mengolah data dari tiga penelitian yang berbeda, dengan mempergunakan tujuh responden yang berbeda juga. Dimana dalam tujuh kelompok responden tersebut diantaranya terdiri atas mahasiswa S1, S2, manajer dan pemimpin perusahaan dari berbagai belahan dunia.

Tags: , ,