Waspadai! 5 Hal yang Mengganggu Fokus

gagal-fokus

Untuk tetap fokus saat bekerja memang dibutuhkan usaha yang keras. Menjaga diri agar tetap produktif sampai akhir memang bukanlah hal yang mudah. Banyak gangguan yang membuat para pekerja sulit untuk fokus dan tetap produktif saat pekerja. Berikut terdapat lima hal yang mengganggu fokus dan produktivitas seseorang dan bagaimana cara menghindarinya.

gagal-fokus

Simak pemaparannya berikut ini.

  1. Ritual Transisi

Pernahkah Anda menghadapi situasi seperti ini: Anda baru saja selesai meeting, Anda pasti tidak langsung kembali bekerja. Melainkan membuka gadget dan mengecek sosial media Anda hingga Anda lupa waktu.

Sadar ataukah tidak, aktivitas transisi memang menghancurkan produktivitas Anda. Sosial media dan internet menjadi sumbernya. Agar membuat Anda tetap produktif, batasi waktu Anda dalam aktivitas transisi ini. Yakinlah bahwa Anda masih memiliki banyak waktu saat dalam perjalanan pulang untuk tetap update dengan berita terkini.

  1. Multitasking

Multitasking memang menjadi salah satu hal yang menghancurkan produktivitas. Multitasking dapat mengarahkan pada burnout. Selain itu menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dapat membuat hasil akhirnya tidak maksimal. Selesaikan satu persatu pekerjaan Anda. Jika Anda tergoda untuk multitasking, ingatkan diri Anda bahwa hal tersebut tidaklah efektif.

  1. Meeting dan Meeting

Meeting juga menjadi salah satu penghancur produktivitas. Seharusnya melalui meeting pekerjaan dapat selesai lebih cepat, namun nyatanya semua orang memiliki pikiran yang berbeda-beda sehingga meeting menjadi tidak efektif. Jika Anda terpaksa harus meeting, jadwalkan meeting untuk selesai 10 menit dari yang seharusnya. Setidaknya kalaupun meeting berakhir terlambat, jadwal Anda berikutnya pun tidak ikut molor.

  1. Jauhkan Diri dari Gadget

Gadget memang memiliki magnet yang sangat kuat. Sefokus-fokusnya Anda bekerja, bunyi ‘ding’ dari gadget Anda pasti akan membuat Anda terganggu sejenak. Pesan singkat yang dikirimkan oleh significant person Anda bisa mengarahkan pada browsing Instagram hingga 10 menit. Solusinya, matikan notifikasi di gadget Anda. Baik itu pop up ataupun suara. Anda juga bisa mencoba menjauhkan gadget Anda dari jangkauan Anda agar tidak tergoda untuk mengeceknya terus-terusan.

  1. Ngobrol dengan Rekan Kerja

Bergosip dengan rekan kerja ternyata menjadi gangguan yang paling mengganggu setelah gadget. Ketika Anda sedang fokus bekerja, tiba-tiba rekan Anda datang sambil membawa kopi. Mau tidak mau setidaknya Anda akan berbasa-basi dengannya. Untuk menolaknya secara halus, tunjukkan padanya bahwa Anda sedang tidak dapat diganggu. Atau kenakanlah headphone. Headphone tanpa musk pun tidak masalah. (*)