Upgrade Kemampuan, Para Jurnalis Bisa Ikutan Kelas Menulis Online ala Facebook

facebook-blueprint-certification

Jika Facebook dianggap mengganggu produktivitas, sebaiknya Anda mulai melupakan hal tersebut. Aine Kerr, selaku Manager of Journalism Partnership for Facebook, menyatakan bahwa jaringan sosial tersebut akan merilis kelas pelatihan online bagi para jurnalis. Hal ini dituliskan Kerr dalam postingan blognya.

facebook-jounalists

Dalam kelas pelatihan online ini, Facebook mengusung pelatihan bagaimana untuk menyempurnakan social media skill untuk tetap mempertahakan jurnalisme online pada 2016. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan kemampuan menulis Anda. Ditambah lagi, Anda juga bisa memperkaya ilmu Anda jika sebelumnya Anda jarang menulis.

Meskipun para millennial sepertinya tidak membutuhkan pelatihan ini, namun jika mereka ingin memiliki tanda verifikasi sepertinya mereka akan mencobanya. Kelas ini akan diperbarui secara berkala berdasarkan feedback yang diterima. Melalui Blueprint, Anda bisa mengakses kelas ini.

facebook-blueprint-certification

Kelas ini akan dimulai dari tingkat Getting Started, yang ditujukan bagi para pengguna baru hingga kelas yang lebih advance untuk membuka wawasan mengenai fitur-fitur yang tersembunyi.

Setelah diluncurkan, kelas yang bertajuk “How Journalists Can Best Utilize Facebook and Instagram” akan dapat diakses oleh semua pengguna. Tidak hanya kelas tersebut, namun juga didukung dengan fitur seperti Facebook Live, 360 video dan foto dan Instant Article.

Dalam beberapa bulan ke depan Facebook berencana untuk menterjemahkan fitur ini dalam delapan bahasa. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mudah terhubung dengan para jurnalis di seluruh dunia. Melalui program ini Facebook berharap bahwa fitur belajar online melalui jejaring sosial akan dapat menginspirasi ribuan jurnalis lainnya untuk belajar dan menulis.

Mengingat Facebook menjadi sosial media yang memiliki banyak pengguna dari Indonesia, sepertinya fitur ini dapat dicoba untuk meningkatkan soft skill Anda. Bagaimana, tertarik mencoba?