Tips Memenangkan Perdebatan dengan Lawan Bicara

Tips Memenangkan Perdebatan dengan Lawan Bicara1

Membuat orang lain yakin dengan pendapat kita memang bukan hal yang mudah. Meskipun pendapat Anda benar, namun jika tidak terlalu hebat dalam berdebat, pendapat Anda terasa kurang greget.

Tips Memenangkan Perdebatan dengan Lawan Bicara1

(Credit Image: Pixabay.com)

Namun Anda tidak perlu khawatir! Dengan beberapa trik sederhana Anda bisa berdebat layaknya seseorang yang jago berdebat.

Untuk memenangkan perdebatan, pertama-tama tunjukkan bahwa Anda tertarik untuk berdiskusi dua arah bukan menggurui. Pastikan bahwa lawan bicara Anda adalah orang yang terbuka. Mintalah lawan bicara Anda untuk mendengarkan pendapat Anda terlebih dahulu.

Tanyakanlah dengan pertanyaan open-ended. Dalam berbicara cobalah untuk meniru gestur lawan bicara Anda. Jika lawan bicara Anda menyilangkan kakinya, tunggu beberapa saat dan silangkan kaki Anda juga.

Jika lawan bicara Anda juga mulai mengikuti gestur Anda, besar kemungkinan ia sudah merasa nyaman dengan Anda. Teknik meniru gestur lawan bicara ini dikenal dengan teknik mirroring. Teknik mirroring ini kerap kali dipergunakan dalam proses interview loh!

Kontak mata merupakan hal yang penting. Jagalah kontak mata dengan lawan bicara Anda. Selain itu pastikan bahwa apa yang Anda pahami sama dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara Anda. Jangan sampai Anda tidak memahami yang disampaikan lawan bicara Anda.

Sambil berbicara bangunlah rapport dengan lawan bicara Anda. Perlahan-lahan buatlah lawan bicara Anda mendengarkan pendapat Anda. Sampaikan dengan kata-kata yang baik dan hindari menyampaikan terlalu banyak fakta.

Pemaparannya dalam infografik berikut ini, akan memperjelas informasi di atas.

Tips Memenangkan Perdebatan dengan Lawan Bicara