Penting! 41% Rekruter Terkesan Pada Kandidat dengan Foto Menarik di CV

creative-cv

Jika Anda job seeker, pastikan bahwa Anda menempatkan foto dalam CVAnda, bukan pada file yang terpisah. Hal ini dikarenakan foto diri menjadi bagian yang penting bagi para rekruter. Sebanyak 41% rekruter menyatakan bahwa mereka menarik kesan pertama kandidat dari foto mereka. Hal ini diungkapkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh Jobvite.

creative-cv

Tidak hanya foto dalam CV, foto profil akun sosial media dan foto-foto lain yang Anda unggah ke sosial media juga akan dilihat oleh rekruter. Perlu Anda ingat bahwa private mode tidaklah dapat menutupi foto-foto tersebut. Hal ini dikarenakan foto tersebut masih akan muncul dalam bentuk thumbnail. Pastikan bahwa tidak ada foto yang ‘aneh’ yang dapat memberikan kesan buruk di mata rekruter.

Berita baik untuk yang senang selfie, sudah banyak rekruter yang tidak merasa terganggu dengan foto selfie di sosial medial. Selama selfie tersebut tidak memberikan kesan negatif.

Tidak hanya foto di CV ataupun sosial media, penampilan juga menjadi hal yang harus diperhatikan oleh para jobseeker. Meskipun terdengar tidak adil, namun menilai seseorang dari penampilannya tetap terjadi dalam setting professional.

Menghadiri wawancara dengan mengenakain celana jeans tidaklah pantas. Perlu Anda ingat bahwa cara Anda berpakaian menunjukkan kepribadian Anda. Menghadiri wawancara dengan rambut berantakan, makeup yang berlebihan dan wajah yang brewokan akan membuat seseorang terlihat tidak sopan.

Logikanya sederhana, jika Anda tidak mampu memberikan penampilan terbaik Anda saat pertemuan pertama, bagaimana Anda bisa memberikan penampilan terbaik setiap harinya? Alangkah lebih baiknya Anda memberikan waktu lebih untuk mempersiapkan penampilan untuk menghadiri wawancara. Tidak ada salahnya bukan mengenakan pakaian yang sedikit rapi?