Menyeduh Kopi untuk Anak Buah, Kenapa Tidak?

Sebagai seorang atasan, pernahkah Anda membuat kopi ataupun teh bagi bawahan Anda? Jika tidak pernah, jangan heran jika bawahan Anda kerap kali kesal dengan Anda. Yorkshire Tea, merek teh hitam dari Inggris, melakukan polling singkat mengenai kebiasaan menyeduh kopi atau teh atasan untuk para bawahannya.

(Image: HRMasia.com)

Hasilnya 51% dari 2.000 orang pekerja yang menjadi partisipan menyatakan bahwa atasan mereka tidak pernah membuatkan minuman untuk bawahan mereka. Sebanyak 25% di antaranya merasa kesal dengan hal ini. Diketahui juga bahwa supervisor pekerja bangunan (64%) dan kepala bagian IT (60%) adalah atasan yang paling sigap untuk membuatkan kopi atau teh untuk rekan satu timnya. Sedangkan kepala sekolah (59%) dan pemilik bisnis kecil (55%) menjadi atasan yang paling gengsi untuk membuatkan minuman bagi rekan satu timnya.

Menurut Tom Blair, perwakilan dari Yorkshire Tea, membuat minuman bagi rekan kerja adalah hal yang baik dan sederhana. Melalui riset ini Blair menyarankan bahwa para atasan diharapkan untuk melakukan yang sama. Setelah selama ini Anda meminta bawahan Anda untuk membuatkan kopi atau teh ada baiknya sekali-kali Anda mencoba untuk membuatkan kopi ataupun teh bagi bawahan Anda. Siapa tahu mereka tidak akan lagi kesal dengan Anda! (*)