Kapan Waktu yang Tepat untuk ‘Break the Rules’?

dock-408099_640

Melanggar peraturan memang bukanlah hal yang baik. Namun bagaimana jika ternyata sedikit melanggar peraturan bisa membuat Anda lebih produktif dan menyelesaikan tugas Anda lebih cepat? Apakah atasan Anda akan mengizinkannya?

dock-408099_640

(Image Credit: Pixabay.com)

Simak pemaparannya dalam artikel yang dilansir dari The Muse berikut ini.

  1. Ketika Tidak Ada Panduan yang Ketat

Ketika atasan Anda tidak memberikan instruksi yang spesifik atau hanya peduli dengan hasil akhir. Kemungkinan besar ia tidak terlalu peduli bagaimana Anda menyelesaikan tugas Anda. Memang terdapat beberapa peraturan yang harus dijalani, namun, sedikit melanggar tidak akan masalah asalkan Anda tetap berada di jalur yang benar. Bisa saja Anda mendapatkan sedikit ruang untuk berinovasi dengan ide-ide segar yang Anda miliki.

  1. Ketika Anda Diberikan Kebebasan dalam Menyelesaikan Sesuatu

Ketika atasan Anda memberikan kesempatan untuk menyelesaikan sesuatu dengan cara Anda, ini tidak hanya lampu hijau bagi Anda namun juga salah satu indikasi bahwa ia ingin melihat Anda melakukan hal lebih. Ini artinya Anda harus melanggar peraturan jika menurut Anda akan lebih baik bagi Anda dan perusahaan.

  1. Ketika Ada Kesempatan yang Jelas-jelas Lebih Baik

Jika Anda melihat tim Anda kehilangan kesempatan karena tertahan dengan peraturan, inilah kesempatan Anda untuk menunjukkan bahwa sedikit melanggar peraturan bukanlah hal yang buruk.

  1. Ketika Peraturan Sudah Terlampau Jadul

Jika perusahaan Anda mengikuti kemajuan zaman, maka peraturan yang ditetapkan satu tahun yang lalu bisa saja sudah tidak sesuai dengan situasi saat ini. Ketika peraturan perusahaan sudah tidak bisa diaplikasikan lagi, maka ini saat yang tepat untuk sedikit melanggar peraturan. Tidak hanya melanggar namun ini bisa jadi kesempatan baru untuk menetapkan aturan baru yang lebih update.

  1. Ketika Anda Meminta Izin

Jika Anda bisa menyampaikan pada atasan Anda bahwa sedikit melanggar peraturan bisa meningkatkan produktivittas, mempermudah dalam meraih tujuan, mempermudah bekerja sama dengan tim, Anda bisa mempengaruhi atasan Anda untuk mengizinkan Anda melangar peraturan. Dengan meminta izin pada atasan Anda, setidaknya Anda tidak akan terlalu disalahkan jika ternyata sedikit melanggar peraturan tidak efektif. (*)