8 Hal yang Membuat Pekerja Merasa Insecure di Kantor

working-1024375_640

Semua orang pasti merasa insecure dalam lingkungan kerja mereka. Perasaan insecure yang dirasakan pun berbagai macam. Mulai dari takut mengatakan hal bodoh hingga takut dicap ‘gampangan’ oleh rekan kerja mereka. Merasa insecure saat di kantor memang tidak salah. Namun jangan sampai perasaan insecure tersebut membebani Anda.

working-1024375_640

(Image Credit: Pixabay.com)

Berikut adalah delapan hal yang membuat pekerja merasa insecure di kantor dan bagaimana mengatasinya.

  1. Takut Mengatakan Hal Bodoh

Biasanya ini terjadi pada pekerja baru. Mereka kerap kali khawatir bahwa mereka akan mengatakan hal-hal yang membuat mereka terlihat bodoh, tidak professional ataupun terdengar aneh. Namun yakinlah, bahwa setiap orang pasti pernah berpikiran seperti itu pula. Daripada terus menerus khawatir, alangkah lebih baiknya jika Anda lebih proaktif dan belajarlah untuk mengemukakan pikiran Anda. Jika Anda sudah terlanjur mengatakan hal yang membuat Anda terlihat bodoh, tenangkan diri Anda dan jadikan hal tersebut bercandaan.

  1. Tidak Memiliki Ide

Menghadiri meeting dengan pikiran kosong memang mengerikan. Namun ide yang hebat tidak datang dengan terpaksa. Kemukakanlah dengan jujur bahwa saat ini Anda belum ada ide. Ketika Anda mendapatkan ide tersebut, Anda bisa langsung mengemukakannya dan membuat orang-orang terkesan.

  1. Tidak Memahami Apa yang Sedang Dibahas

Mungkin Anda pernah berada dalam situasi di mana pembicara sedang membahas hal-hal yang abstrak. Meskipun tidak memahami apa yang dijelaskan, Anda pun tetap manggut-manggut. Yakinlah bahwa orang lain pun belum tentu memahaminya pula. Siapa tahu mereka pun juga melakukan hal yang sama dengan Anda.

Jika Anda tidak paham, maka bertanyalah. Tidak ada pertanyaan yang bodoh. Siapa tahu ini jadi kesempatan bagi pembicara untuk lebih mengelaborasi apa yang ia bahas. Anda pun bisa memahami apa yang dibahas, terlihat cerdas, dan membuat orang lain juga memahami apa yang dibahas.

  1. Tidak Sengaja Menyinggung Orang Lain

Saat presentasi Anda mengemukakan joke untuk memecahkan ketegangan. Namun ternyata joke yang Anda utarakan tidak sengaja menyinggung perasaan orang lain. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Tentu saja meminta maaf secara langsung dengan orang yang merasa tersinggung. Untuk ke depannya, Anda bisa meminta pendapat orang lain mengenai joke yang akan Anda utarakan. Hasilnya ketegangan menurun dan Anda pun tidak perlu menyinggung orang lain untuk membuat yang lainnya tertawa.

  1. Tidak Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Jik Anda terus-terusan merasa kewalahan dengan pekerjaan Anda, mungkin ini saatnya Anda istirahat sejenak. Mengambil cuti sehari untuk ‘kabur’ dari pekerjaan dapat membuat Anda lebih produktif keesokan atau minggu depannya. Jika hal ini sudah Anda lakukan namun Anda masih kewalahan pula, mungkin ini saatnya Anda jujur dengan tim Anda, bahwa hanya sejauh ini yang bisa Anda lakukan dan Anda membutuhkan bantuan mereka.

  1. Tidak Diapresiasi

Setelah bekerja keras menyelesaikan tugas yang diberikan pada Anda, akan sangat mengerikan jika semua usaha Anda tidak diapresiasi. Lebih buruk lagi jika apresiasi tersebut malah salah alamat. Manager dan tim yang baik tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi. Anda pun bisa sekedar memberikan ‘kode’ dengan rekan satu tim Anda untuk mengapresiasi pekerjaan Anda. Jika Anda sudah berusaha namun hal ini tetap terjadi, mungkin Anda berada di lingkungan kerja yang belum tepat untuk Anda.

  1. Tidak Mendapatkan Balasan Setelah Mengirim Email

Anda mengirim email penting dengan klien ataupun manager Anda, namun tidak kunjung dibalas. Anda pun akan merasa khawatir. Pertama-tama, tanyakan diri Anda sendiri, apakah Anda mengirim email dengan tepat. Siapa tahu cara menulis Anda sedikit menyinggung mereka. Atau bisa jadi, mereka orang yang lebih mengapresiasi jika Anda menghubungi mereka via telepon ataupun face-to-face. Atau memang mereka orang yang kurang responsif dan ini bukanlah kesalahan Anda.

  1. Terlihat Sebagai Orang yang ‘Gampangan

Tidak ada orang yang ingin terlihat ‘gampangan,’ lemah, bahkan tidak kompeten oleh orang-orang di sekitarnya. Untuk melawan itu semua, kuncinya ada di tangan Anda. Anda yang memiliki kuasa dengan diri Anda sendiri, Anda yang memiliki kuasa untuk disukai orang lain dan Anda yang memiliki kuasa untuk membuat diri Anda dihargai. Selesaikan pekerjaan dengan seluruh kemampuan Anda, jadilah orang yang baik, jangan melewati deadline, hindari gossip di kantor dan Anda pun tidak perlu khawatir dicap ‘gampangan.’ (*)