4 Tips Membahas Politik dengan Rekan Kerja Tanpa ‘Baper’

office-politics

Membahas mengenai politik memang kerap kali mengarah pada perdebatan. Tidak jarang perdebatan yang terjadi menjadi panas dan membuat relasi merenggang. Musim pemilu memang belum mulai, namun sudah banyak orang yang mulai memilih-milih pemimpin yang mereka inginkan. Termasuk rekan-rekan Anda di kantor.

office-politics

Membahas preferensi Anda dalam politik bersama rekan kantor mungkin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sarat ilmu. Namun jika Anda salah bergerak, bisa jadi malah relasi Anda yang memburuk dengan rekan kerja Anda. Berdasarkan tulisan berjudul How to Talk Politics at Work Without Alienating People di Harvard Business Review, terdapat empat hal penting yang harus Anda perhatikan saat membahas mengenai politik dengan rekan kerja Anda.

  1. Fokuskan untuk belajar. Bentuklah perbincangan Anda sebagai kesempatan untuk mempelajari preferensi politik orang lain. Bukan untuk menjelekkan preferensi orang lain yang berbeda dengan Anda. Berikanlah lawan bicara Anda kesempatan untuk menjelaskan pendapat mereka yang berbeda dengan Anda.
  2. Mintalah izin sebelum menjelaskan pendapat Anda yang berbeda. Setelah menunjukkan bahwa Anda ingin mempelajari pendapatnya yang berbeda, mintala izin kepadanya untuk menjelaskan pendapat Anda.
  3. Tunjukkanlah rasa menghargai. Tunjukkan bahwa Anda menghargai pendapatnya yang berbeda dengan Anda.
  4. Fokuslah pendapat yang sama. Bahaslah lebih dalam pendapat yang disetujui oleh lawan bicara Anda. jika terus menerus mengarah pada pendapat yang berbeda, ada baiknya Anda mengarahkan kembali perbincangan tersebut pada hal yang sependapat.

Janganlah merasa takut untuk membahas mengenai isu politik dengan rekan kerja Anda. Dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa mengetahui pendapat orang lain mengenai preferensi politik Anda. (*)