3 Kata Pengganti “Kalau di Perusahaan Saya Sebelumnya…”

image

Anda mungkin pernah menghadapi kejadian seperti ini:

Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru, dan semuanya terlihat lebih baik kecuali satu hal. Atasan dan rekan kerja Anda terlihat selalu melakukan hal sederhana dengan cara yang tidak sederhana. Bisa saja perangkat lunak mereka sudah kadaluarsa, proses approval mereka sangat perlu diluruskan, atau mereka tertinggal 10 tahun dibandingkan industri lain. Sedangkan pengalaman Anda di posisi sebelumnya jauh lebih baik dibandingkan di tempat baru Anda.

image

(Credit image: Pixabaya.com)

Setiap Anda mengeluhkan, “Kalau di perusahaan saya sebelumnya….” semua orang mulai malas mendengarkan Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Sebelum Anda kembali mengeluhkan hal yang sama, ada baiknya Anda menyimak artikel yang dikutip dari The Muse berikut ini. Terdapat 3 (tiga) tips untuk dikatakan selain “Kalau di perusahaan saya sebelumnya…”

  1. “Bisakah Anda Jelaskan Mengapa…”

Anda pandai, capable dan mungkin lebih dari qualified untuk posisi yang Anda tempati saat ini. Namun kenyataannya, Anda masih baru di perusahaan tersebut untuk menilai mengapa perusahaan ini menjalankan dengan cara seperti ini. Tanyakan mengapa mereka harus melakukan dengan cara yang sulit ketika ada cara yang lebih mudah. Pasti ada alasannya.

  1. “Sepertinya akan Lebih Baik Jika…”

Katakanlah bahwa Anda memiliki cara yang jauh lebih baik untuk membantu rekan kerja Anda. Namun Anda tidak yakin bahwa pendapat Anda akan didengarkan. Apalagi tanpa menyangkut pautkan dengan pekerjaan Anda yang sebelumnya. Berikanlah saran ketika Anda merasa bahwa hal tersebut akan berjalan lebih baik dengan cara Anda tanpa menyangkut pautkan dengan pekerjaan Anda yang sebelumnya.

  1. “Pernahkah Dicoba….”

Ingatlah, bahwa Anda masih baru di perusahaan tersebut. Anda belum tahu mengapa perusahaan ini menjalankan prosedur dengan cara yang jadul. Bisa saja mereka pernah mencoba cara yang pernah Anda sarankan sebelumnya namun hasilnya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Anda bisa mencoba memberikan ide Anda dengan kata-kata pembuka seperti itu.

Anda pasti belajar banyak hal dari posisi Anda sebelumnya. Dan tentu saja pasti banyak hal yang bisa diaplikasikan di tempat Anda yang baru. Pastikan Anda membagi apa yang Anda pelajari sebelumnya di tempat baru Anda.

Namun demikian selalu ingat untuk menghindari kata “Kalau di perusahaan saya sebelumnya …” dan pergunakan ketiga kata pembuka di atas. (*)