Bikin Brainstorming Efektif Cara Google

Rapat Brainstorming seringkali diasosiasikan dengan suatu kegiatan yang tidak jelas dan cenderung menghabiskan banyak waktu. Banyak hal yang membuat sesi brainstorming ini menjadi tidak jelas, misalnya seperti agenda yang terlalu banyak, kedatangan yang terlambat, tidak adanya keputusan yang diambil, keputusan yang diambil sepihak, perbincangan yang keluar topik ataupun adanya satu orang yang terlalu mendominasi meeting.

Menghasilkan ide secara berkelompok merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk menjadi perusahaan yang sukses. Salah satunya adalah Google. Google Ventures design team memiliki cara unik dalam menjalankan brainstorming meeting mereka. Hal ini menjadikan brainstorming meeting mereka jauh lebih produktif dan menyenangkan. Penasaran?

The “Note and Vote” Method

Setiap orang dalam ruangan meeting mendapatkan kertas, alat tulis dan waktu antara lima sampai 10 menit untuk menuliskan semua ide yang ada di pikiran mereka. Anda tidak perlu mengeditnya karena tidak ada seorang pun yang melihatnya. Jadi tuliskan ide gila apapun yang ada di pikiran Anda pada saat itu.

Setelah itu, selama dua menit setiap orang akan memilih satu atau dua ide brilian mereka dari daftar yang sudah mereka buat sebelumnya.

Baca juga: Agar meeting tidak membunuh produktivitas

Lalu, ini saatnya mengutarakan ide. Setiap orang dalam ruangan mendapat giliran untuk menyampaikan ide mereka dan ada satu orang yang menuliskan summary-nya di papan tulis. Masih belum ada penilaian dan feedback sampai saat ini.

Berikutnya, selama lima menit setiap orang memilih salah satu dari sekian banyak ide yang ada di papan tulis untuk dituliskan dalam kertas kecil dan diberikan kepada yang memandu meeting.

Lalu ketika hasil vote sudah terlihat, satu orang akan memutuskan. Ini biasanya ketua tim, yang membuat keputusan final ide apa yang akan diambil.

Mungkin terdengar terlalu banyak langkah yang harus diambil namun tahukah Anda bahwa proses note and vote hanya menghabiskan waktu paling lama 15 menit. Wow!

“Metode note and vote memang tidak sempurna. Namun metode itu sangat cepat dan jauh lebih baik dibandingkan menghabiskan waktu dua jam untuk meeting,” ungkap Jake Knapp, selaku anggota dari Google Ventures team.

Hal ini dapat bekerja secara efektif karena setiap orang yang hadir dalam meeting memiliki kesempatan untuk berpikir secara individual maupun secara tim. Ditambah lagi, banyak ide yang terungkap dan dalam sesi brainstorming kuantitas biasanya mengarah pada kualitas. Meskipun tidak terlalu demokratis, namun setidaknya metode ini dapat membuat setiap orang merasa idenya didengar.

Bagaimana melakukannya?

Metode ini dapat Anda coba dalam brainstorming meeting di kantor Anda. Ketika Anda memimpin suatu sesi brainstorming Anda bisa menyatakan bahwa Anda ingin mencoba metode baru dalam meeting kali itu. Namun pastikan bahwa Anda benar-benar memahami stepnya sehingga berjalan baik.

Namun jika Anda adalah peserta meeting, Anda bisa menyampaikan metode ini pada seseorang yang akan memimpin meeting, menjelaskan betapa efektifnya metode ini dan memintanya untuk mencoba metode ini.

Baca juga: Meeting dan Email Kuras Energi Karyawan

Tags: , , ,