Berkat Strategi HR Garuda Jadi Maskapai Terbaik Dunia

heriyanto agung putro

Menurut sebuah survey yang dilansir oleh Businees Insider beberapa waktu yang lalu, diberitakan bahwa PT Garuda Indonesia masuk ke dalam jajaran 20 maskapai penerbangan terbaik di dunia. Penghargaan itu diberikan oleh media asal New York dengan judul ‘The 20 Best Airlines in The World’ yang menggunakan data Skytrax.

Peringkat tersebut didasarkan atas kenyamanan penumpang, keamanan hingga ketepatan waktu berangkat. Survei tersebut juga menilai berdasarkan pengalaman penerbangan, kenyamanan tempat duduk pesawat dan kebersihan kabin dan kondisi pesawat.

Berikut ini hasil survey ‘The 20 Best Airlines in The World’ versi Skytrax:

1. Singapore Airlines

2. Malaysia Airlines

3. Virgin America

4. Asiana Airlines

5. Qatar Airways

6. All Nippon Airways (ANA)

7. Garuda Indonesia

8. Silk Air

9. Korean Air

10. Air New Zealand

Executive Vice President of Human Capital & Corporate Affairs PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Heriyanto Agung Putra menanggapi hal ini dengan rasa syukur. “Seluruhnya merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran yang ada di Garuda,” ujar Heri.

Prestasi ini juga tidak ditampik merupakan hasil dari strategi manajemen people di PT Garuda. Menurut Heri, Garuda sangat concern dengan produktivitas dan kinerja sehingga dengan model remunerasi MMC (Meritocracy, Market, dan Company Capability) mendorong karyawan berkinerja tinggi. “Dengan model pay for performance semua karyawan sangat terpacu untuk terus meningkatkan kinerjanya,” tambah Heri.

Bagaimana dengan prestasi yang dicapai negara tetangga, menurut Heri, Garuda sudah dangat siap bersaing dengan negara lain. “Untuk Asia tenggara, bulan Maret lalu Garuda sudah menjadi Best premium Airline in Asean mengalahkan Singapore Airline, Malaysia Air, Thai Airways, penghargaan diserahkan oleh Mahathir Muhammad di Kuala Lumpur,” terang Heri.

Meski begitu Garuda mengaku tetap terus mengembangkan inovasi terutama pengembangan SDM demi menghadapi tantangan di masa depan. “Kita menyiapkan SDM dengan standard global sehingga ke depan mampu bersaing di tingkat global,” ujar Heri.

Dengan usaha tersebut, tidak salah jika kemarin malam Garuda terpilih sebagai Most Admired Companies 2013 atau perusahaan idaman versi Warta Ekonomi. Penghargaan itu diberikan kepada perusahaan yang memiliki nilai tinggi dalam prestasi perusahaan mengembangkan kebijakan pengelolaan SDM sehingga menjadikan perusahaan yang nyaman untuk bekerja. (*/@nurulmelisa)

Tags: ,